Berprestasi, pemerintah pusat kucurkan Rp50 miliar untuk pasar serikat Batusangkar

id pasar serikat Batusangkar

Kepala Dinas Koperindag Tanah Datar Marwan saat penerima penghargaan pasar terbaik kategori ramah lingkungan Selasa (12/3) (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah pusat mengucurkan Rp50 miliar untuk pasar serikat Batusangkar Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, setelah terpilih sebagai pasar tradisional berprestasi.

"Ucapan itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan penghargaan kepada sejumlah pasar rakyat atau pasar tradisional berprestasi di sejumlah daerah di Indonesia," kata Kepala Dinas koperindag Tanah Datar Marwan saat dihubungi dari Batusangkar usai mengikuti Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan di Tangerang, Banten, Selasa.

Ia menjelaskan pasar serikat Batusangkar mendapatkan penghargaan nasional kategori pasar ramah lingkungan dari 14 kabupaten/kota di Indonesia, dan satu-satunya pasar serikat dari pulau Sumatera.

Pasar Batusangkar mendapat penghargaan terbaik karena satu-satunya pasar yang bekerja sama dengan kejaksaan untuk memberikan konsultasi hukum sekali dalam seminggu kepada pedagang dan pengunjung di kawasan pasar tersebut.

Pasar Batusangkar juga bekerja sama dengan pihak kepolisian Tanah Datar dalam melakukan penertiban dan kedisiplinan di kawasan pasar antara pedagang dan pengelola pasar.

Selain itu pasar Batusangkar juga bekerja sama dengan rumah sakit sayang ibu dan anak untuk memberikan konsultasi dan pemeriksaan kesehatan gratis kepada pedagang dan pembeli dikawasan pasar tersebut.

Ia mengatakan hanya saja pasar serikat Batusangkar tidak punya lahan parkir bagi pengunjung. Kemudian dia langsung memberikan proposal pembangunan pasar tersebut sesuai dengan yang diserahkan melalui meteri PU.

"Lalu presiden perintahkan langsung kepada menteri koperindag untuk segera dibangun pasar Batusangkar. Dan suasana itu disambut tepuk tangan oleh semua hadirin yang ada," jelasnya.

Ia mengatakan prasasti prediket sebagai pasar ramah lingkungan terbaik tersebut langsung ditanda tangani oleh presiden dan akan dibawa langsung ke Batusangkar.

"Kita akan melakukakan penyambutan prestasi tersebut dengan pengelola pasat sekaligus melakukan sosialisasi bersama pedagang pasar. Karena prestasi ini adalah milik kita bersama dengan para pedagang," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pihak kejaksaan, kepolisian, dan pihak rumah sakit yang telah bekerja sama bahu membahu dalam menciptakan pelayanan dan keamanan di pasar Batusangkar.

Sementara Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengatakan penghargaan tersebut untuk memotivasi dalam meningkatkan pelayanan pasar ramah lingkungan di Batusangkar.

"Kita patut berbangga karena pasar Batusangkar satu-satunya wakil dari sekian banyak pasar tradisonal yang ada di Sumatera Barat bahkan pulau Sumatera," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan bersama Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) telab melakukan penilaian pasar serikat C Batusangkar dalam lomba Pengelolaan Pasar Terbaik tingkat nasional.

Penilaian tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan para pedagang untuk pengelolaan pasar yang baik, ramah bagi penyandang berkebutuhan khusus, ramah lingkungan, dan pengelolaan revitalisasi pasar untuk memperoleh anggaran pembangunan. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar