Polisi terjunkan tim ke nagari rawan pemilu di Solok Selatan

id pemilu 2019

Pemilu 2019. (cc)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat, bakal menerjunkan tim ke tiga nagari yang dinilai rawan pemilihan umum untuk melakukan edukasi agar tercipta pemilu yang aman dan dengan suasana gembira.

"Tim dari tiga perwira serta polisi wanita dan polisi laki-laki akan kami terjunkan selama tiga hari secara maraton di tiga nagari yang dianggap rawan pemilu," ujar Kepala Polres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto ketika dihubungi dari Padang, Selasa.

Kehadirian polisi di tiga nagar Kecamatan Sangir Batang Hari, yakni Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan, sebutnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman sehingga dalam pelaksanaan pemilu saling menjaga emosi untuk menciptakan kondisi yang kondusif.

"Agar tidak ada hal-hal yang ditakutkan, seperti intimidasi, sehingga keberadaan polisi sebagai ujung tombak keamanan benar-benar dirasakan masyarakat," ujarnya.

Dalam menyukseskan rencana tersebut, pihak kepolisian bakal menggandeng stakeholder mulai dari kepala jorong (dusun), wali nagari (kepala desa), tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Selain mencoba menciptakan rasa aman dan gembira selama pelaksanaan pemilu, imbuhnya pihaknya juga mengajak masyarakat agar tidak terpengaruh dengan berita bohong (hoaks) yang bisa memecah belah kerukunan masyakarakat.

"Artinya satu kata, saling menjaga," ujarnya.

Terkait pengamanan logistik pemilu, imbuhnya, kepolisian memberikan pengamanan secara melekat di dua gudang logistik KPU.

"Sebagai tugas, kami juga mengamankan pelipatan suara yang kini masih berlangsung di aula kantor Bupati," ujarnya.

Untuk pendistribusian logistik pemilu, pihaknya bersama KPU, Bawaslu dan TNI bakal memetakan daerah yang rawan khususnya geografis, keamanan dan cuaca.

"Sejumlah nagari di Solok selatan memiliki akses yang sulit dijangkau sehingga perlu memetaan yang matang," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar