PLN UIW Sumbar kirimkan genset mobile, bantu pemulihan listrik Sungai Penuh

id PLN

PLN UIW Sumbar kirimkan genset mobile, bantu pemulihan listrik Sungai Penuh

Ilustrasi-Mengecekan trafo Gardu Induk (GI) Parigi dengan daya 60 MVA untuk guna memastikan kesiapan GI tersebut dalam memasok energi listrik ke jaringan. ((Antara/PLN Peduli)) ((Antara/PLN Peduli)/)

Padang (ANTARA) - PLN UIW Sumbar mengirimkan bantuan genset mobile untuk meminimalisir pemadaman yang terjadi di sebagian wilayah Kota Sungai penuh dan Kabupaten Kerinci.

Pemadaman yang terjadi pada Sabtu (9/3) tersebut terjadi akibat robohnya tower transmisi pada Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Bangko-Sungai Penuh.

Menurut hasil penelusuran petugas PLN di lapangan, robohnya tower transmisi disebabkan oleh longsor yang terjadi di Puncak bukit di Wilayah Penetai, Muara Emat.

Longsor tanah tersebut telah mengakibatkan beberapa pohon besar menimpa kabel jaringan SUTT yang ada dilokasi sehingga robohnya tower penyangka kabel tidak terelakkan dan pasokan listrik menjadi terputus. Besaran beban padam akibat kejadian ini adalah sekitar 13,3 MW.

Menanggapi hal tersebut, PLN telah mengupayakan recovery maksimal untuk meminimalisir padam dengan melakukan manuver suplai melalui pembangkit swasta IPP seperti PLTMH yang berada disekitar lokasi.

Tidak hanya itu, bantuan berupa genset mobile juga diberikan oleh PLN UIW Sumbar agar upaya recovery berlangsung lebih cepat dan maksimal.

Genset mobile yang disiapkan oleh PLN UIW Sumbar adalah sebanyak tujuh unit dengan rincian, PLN UP3 Padang sebanyak dua genset dengan daya 100 kW dan 60 kW, PLN UP3 Bukittinggi sebanyak dua genset dengan daya 100 kW dan 65 kW.

Selanjutnya PLN UP3 Solok sebanyak dua genset dengan daya 65 kW dan 50 kW, dan satu genset dari PLN UP3 Payakumbuh dengan daya 72 kW. Total daya mampu yang diberikan genset tersebut adalah +/- 512 kW.

GM PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, menyampaikan bahwa tim PLN UIW S2JB sudah berada di lokasi untuk memeriksa serta memperbaiki kondisi jaringan.

PLN S2JB juga telah melakukan upaya penormalan listrik dengan menggunakan suplai listrik dari sistem Solok Selatan. Tidak terhenti disitu, PLN unit lain yang berada disekitar juga memberikan bantuan demi pulihnya sistem kelistrikan di Sungai Penuh.

PLN UIW Sumbar melakukan upaya pengiriman genset dari seluruh UP3 dibawah PLN UIW Sumbar yaitu Padang, Bukittinggi, Solok dan Payakumbuh untuk membantu mendukung sistem kelistrikan di lokasi yang bermasalah. "Pengiriman dilakukan hari ini (11/3). Semoga kelistrikan dilokasi tersebut cepat pulih sehingga masyarakat dapat kembali menjalankan aktifitas dengan normal dan lancar,” ujar Bambang.

Pihaknya sudah menerima informasi, bahwa manuver beban telah dilakukan sehingga listrik di beberapa daerah sudah kembali normal. "Informasi terakhir yang saya peroleh beberapa daerah sudah kembali normal. Namun kehadiran genset nanti akan lebih memaksimalkan upaya pemulihan listrik," ujarnya.

Genset ini akan dioperasikan pada lokasi-lokasi vital yang membutuhkan pasokan listrik dengan segera, tambah Bambang lagi.

PLN berupaya semaksimal mungkin untuk mempercepat proses pemulihan listrik sehingga tower yang roboh dapat diperbaiki dan beroperasi kembali dan suplai listrik dapat pulih total.

"Kami mengharapkan dukungan dan pertisipasi dari seluruh masyarakat terutama terkait lokasi penampatan tower nantinya," katanya.

PLN mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat pemadaman ini. Dan petugas PLN terus berupaya maksimal demi mengurangi gangguan. Tidak lupa PLN mohon doa dan dan mohon bersabar hingga tower suplai tersebut selesai diperbaiki.