Bupati harapkan duta Genre jadi pelopor cegah pernikahan dini

id Tanah Datar

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat memberikan sambutan pada acara road race di kawasan lapangan Cindua Mato Batusangkar, Minggu (24/2). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Bupati Tanah Tanah Datar Sumatera Barat Irdinansyah Tarmizi mengharapkan duta Generasi Berencana (Genre) sebagai pelopor dalam pencegahan pernikahan dini dan pergaulan bebas di kalangan remaja di daerah itu

"Duta Genre dituntut mampu menyosialisasikan program keluarga berencana baik sesama remaja di sekolah, di kampus maupun di lingkungan masyarakat," katanya di Batusangkar, Minggu.

Ia mengatakan pemilihan duta genre adalah sebuah wadah untuk berkreasi dan menampilkan bakat bagi setiap remaja agar terhindar dari berbagai perbuatan menyimpang.

Duta genre harus menjadi panutan bagi rekan-rekan mereka di sekolah dan lingkungan masyarakat. Menurutnya duta genre harus memiliki minimal lima tahapan perencanaan yakni pertama,duta Genre harus belajar dan memiliki cita-cita tinggi.

Kedua harus miliki kerja setelah menyelesaikan sekolah maupun kuliah, ketiga harus menjadi pelopor untuk tidak menikah diusia dini, keempat harus memiliki perencanaan yang matang, dan kelima harus masuk ke masyarakat.

"Genre dilarang memisahkan diri dengan lingkungan masyarakat, mereka harus datang dan tampil ke masjid dan surau untuk menyosialisasikan program genre di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara bunda Genre 2018 Emi Irdinasnyah Tarmizi mengatakan pemilihan puncak duta genre 2019 diikuti sebanyak 20 pasang peserta dari berbagai sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan mahasiswa di daerah itu.

“Kegiatan ini bertujuan untuk pembinaan kepada generasi muda agar tidak melakukan penyimpangan seks (LGBT), tidak menikah di usia muda, tidak mencoba-coba narkoba," katanya

Ia mengatakan duta Genre harus bisa menjadi sosok panutan dan percontohan yang memiliki karakter, baik di kalangan kampus dan sekolah maupun ditengah masyarakat.

Duta genre harus bisa menjadi panutan bagi remaja dan lingkungan karena genre adalah generasi muda yang diberikan pemahaman lebih tentang meningkatkan pengetahuan ke arah yang lebih baik.

Sementara Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Syahrudin mengatakan sebagai instansi yang membina dan mengawal duta Genre, ia berharap semua pihak untuk mendukung program ini agar mereka benar berperan dan partisipasi dalam mengisi masa remaja mereka.

"Semoga mereka menjadi remaja yang produktif dan positif bagi sesama remaja dan lingkungan masyarakat," harapnya.***3***

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar