Disdukcapil manfaatkan Millenial Road Safety Festival tingkatkan perekaman KTP elektronik

id KTP Elektronik

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan Efi Yandri (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto (kanan) atas inovasi dan dukungan Penyelenggaraan Gebyar (Gerakan Bhayangkari) seribu Akte Kelahiran (Istimewa)

Padang Aro (ANTARA) - Padang Aro (Antaranews Sumbar) -Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memanfaatkan kegiatan Millenial Road Safety Festival untuk mempercepat peningkatan perekaman data serta pencetakan KTP elektronik di daerah itu.

"Kegiatan Millenial Road Safety Festival di Taman Kota Muaralabuh banyak pengunjungnya sehingga kami memanfaatkan momen ini untuk memberikan pelayanan perekaman data serta cetak KTP elektronik bagi yang belum melakukan guna mempercepat proses perekaman", kata Kepala Dinas Dukcapil Solok Selatan Efi Yandri, di Padang Aro, Minggu.

Dia mengatakan, untuk memberikan pelayanan pihaknya membawa dua unit alat rekam data serta satu unit untuk percetakan.Jadi masyarakat yang merekam data hari itu KTP elektroniknya dapat langsung dicetak tanpa harus datang kembali ke kantor Dukcapil,kata dia.

Menurut dia untuk memberikan pelayanan pihaknya telah menempatkan petugas perekamandan peralatan di Kantor Wali Nagari Muaralabuh yang berdekatan dengan kegiatan Millenial Road Safety Festival.

"Kami mengimbau masyarakat yang belum merekam data memanfaatkan pelayanan ini," ujarnya.

Dia menyebutkan, untuk Kecamatan Sungai Pagu sebanyak 1.883 orang belum melakukan perekaman data.

“Kami berharap mereka yang belum melakukan perekaman data dapat mendatangi petugas kami di kantor Wali Nagari Muaralabuh," ujarnya.

Sebelumnya Disdukcapil Kabupaten Solok Selatan telah dapat melakukan pencetakan KTP elektronik (KTP-el) sendiri karena ribbon (tinta cetak) sudah diterima dari pihak rekanan sebanyak 39 buah.

Sebelum tinta cetak datangpihaknya meminta bantuan ke pemerintah pusat untuk melakukan pencetakan KTP-el masyarakat yang telahmerekam data.

"Supaya KTP elektronik warga sebanyak tujuh ribu orang tersebut tidak ganda maka pihaknya menunggu informasi dulu dari pusat," katanya.

Rekam data masyarakat di Solok Selatan sudah hampir 85 persen dan dengan kegiatan diharapkan ada peningkatan.

Hingga saat ini sebanyak 107.102 orang sudah melakukan rekam data, sedangkan wajib KTP-el Solok Selatan sebanyak 125.991, dan masiha ada 18.889 belum melakukan perekaman.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar