Wabup Tanah Datar minta wali nagari proaktif rencanakan pembangunan nagari

id Zuldafri Darma

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafi Darma (Antara Sumbar/Etri Saputra) (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma meminta wali nagari proaktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan penggunaan anggaran pembangunan nagari agar mampu meningkatkan partisipasi masyarakat.

"Jika pelaksanaan dan pelaporan penggunaan anggaran dapat dipertanggungjawabkan, akan meningkatkan pembangunan nagari melalui peran serta masyarakat dan perantau," kata dia di Batusangkar, Jumat.

Wali nagari harus memiliki pengetahuan luas dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai perpanjangan tangan pemerintah di daerah. Wali nagari harus selalu belajar dan memunculkan inovasi baru dalam melaksanakan pembangunan.

Perangkat nagari juga harus mampu memberdayakan semua potensi yang dimiliki dengan mendiskusikannya bersama para tokoh masyarakat di nagari.

Mampu berinovasi mamanfaatkan potensi daerah, setiap nagari harus memiliki produk unggulan yang menjadi ikon, dan dapat menjadi sumber pendapatan baru.

Ia mengatakan kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga harus terjalin agar informasi tidak terputus.

Peningkatan perekonomian masyarakat melalui pembangunan pariwisata, peningkatan daya saing dan pertanian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat haruslah terealisasikan.

Karena itu wali nagari harus mampu membangkitkan semangat kebersamaan di masyarakat, seperti kegiatan gotong-royong di tingkat jorong ataupun nagari untuk membangkitkan rasa kebersamaan dan persatuan sesama warga. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar