Bawaslu Tanah Datar temukan dua WNA masuk DPT pemilu 2019

id bawaslu

Bawaslu Tanah Datar temukan dua WNA masuk DPT pemilu 2019

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). (cc)

Batusangkar (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, menemukan dua Warga Negara Asing (WNA) asal Banglades masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019.

"Keduanya ditemukan di Kecamatan Lintau Buo Utara, dan di Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Batipuh,” kata Ketua Bawaslu Tanah Datar, Hamdan di Batusangkar, Kamis.

Ia mengatakan kedua WNA tersebut diketahui memiliki KTP-elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Kasus tersebut terungkap setelah tim Panwascam di daerah setempat merasa curiga dan melakukan pengamatan.

Kemudian dari hasil pengecekan yang dilakukan ditemukan satu WNA atas nama Bhuiyan Amn Sazid masuk dalam DPT di Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Batipuh.

Sementara WNA Habibul Islam tercatat masuk DPT di Nagari Balai Tangah, Kecamatan Lintau Buo Utara.

"WNA di Lintau Buo Utara tersebut juga diketahui sebagai kepala keluarga, sementara WNA di Kecamatan Batipuah masih dalam penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Ia mengatakan kasus tersebut sudah diserahkan pihaknya ke KPU Tanah Datar dan provinsi bahkan sudah disampaikan ke KPU pusat.

Sementara Ketua KPU Tanah Datar, Fahrul Rozi mengatakan kasus ditemukannya dua orang WNA yang masuk dalam DPT di dua kecamatan tersebut sudah diterima pihaknya dan sudah diselidiki.

"Keduanya sudah dihapus sebagai DPT, dan kasus ini sudah kita sampaikan ke KPU Provinsi," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar