Pemkot Solok luncurkan "Basikameh" Bundo Kanduang 2019

id Bulan Bakti Gorong Royong,Basikameh Solok

Pemkot Solok luncurkan "Basikameh" Bundo Kanduang 2019

Bundo Kanduang beriringan membawa jamba dalam kegiatan "basikameh" 2019. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat meluncurkan "Basikameh" atau kegiatan bersih-bersih di kelurahan yang diprakarsai Bundo Kanduang setempat di Kelurahan Sinapa Piliang, Rabu.

"Basikameh ini merupakan program baru bagi Bundo Kanduang. Saya berterima kasih kepada masyarakat kelurahan Sinapa Piliang dan bundo-bundo Kanduang yang telah menggerakkan basikameh ini," kata Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Sitta Novembra di Solok, Rabu.

"Semoga basikameh ini akan berlanjut dan bertahan lama hingga ke anak cucu generasi penerus," ujarnya.

Kegiatan "basikameh" ini digagas dalam rangka membiasakan masyarakat bergotong royong. Selain itu mempertahankan adipura dan persiapan menjelang perhelatan MTQ tingkat Sumbar di Solok.

Sitta berharap Bulan Bakti Basikameh (gotong royong bersama) Bundo Kanduang dengan masyarakat, TNI, Polri dan Pemerintah Kota Solok bertema mewujudkan Solok Bersih dan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 dapat berlangsung dengan baik.

"Dengan kegiatan ini masyarakat akan semakin kompak, menjaga kebersihan lingkungan, dan saling bahu-membahu untuk membersihkan lingkungan setempat," ujarnya.

Wali Kota Solok diwakili Asisten I Setda setempat, Nova Elfino mengapresiasi "basikameh" sebagai sebuah inovasi luar biasa yang dilahirkan oleh Bundo Kanduang Kota Solok.

"Dari sekian banyak inovasi yang ada di Solok, basikameh adalah inovasi yang sangat menarik dan pengaruhnya sangat bagus bagi masyarakat," ujarnya.

Tentunya masyarakat Kota Solok patut bangga dengan basikameh ini. Inovasi ini nantinya diharapkan akan menjadi contoh bagi daerah lain, sebutnya.

Pemerintah daerah akan secara penuh memberikan dukungan dalam kegiatan yang bermanfaat ini. Dinas Lingkungan Hidup hendaknya memberikan bantuan sarana dan prasarana dalam gotong royong nantinya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can mengatakan, selama ini kita di Kota Solok hanya melaksanakan program "gotong royong badunsanak". Namun kali ini, Bundo Kanduang telah menggagas suatu inovasi baru "basikameh".

"Mudah-mudahan basikameh ini tidak hanya menjadi kegiatan setiap tahun, namun menjadi kebiasaan setiap hari bagi masyarakat Solok. Saya yakin, apabila bundo kanduang sudah menggerakkan, tentunya semua elemen masyarakat pasti akan bergerak," sebutnya.

Acara juga dihadiri Ketua LKAAM Kota Solok Rusli Khatib Sulaiman, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok Sitta Novembra, Wakil Ketua TP PKK Kota Solok Elfia Reinier, Ketua Bhayangkari, Dirut Bank Nagari Cabang Solok Banteng Dono Sadiro, Personil TNI dan Polri, serta Bundo Kanduang se Kota Solok. (*)