Polres Tanah Datar berkomitmen amankan Pemilu Serentak 2019

id Polres Tanah Datar,Pengamanan Pemilu Serentak

Kapolres Tanah Datar Bayuaji Yudha Prajas saat memberikan sambutan pada rapat koordinasi sosialisasi dan evaluasi kesiapan pelaksanaan pemilu serentak 2019 Selasa, 5/3. (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar  (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, berkomitmen mengamankan jalannya pemilu serentak 2019 di daerah itu dengan menciptakan pemilu aman damai dan badunsanak.

"Polres Tanah Datar berkomitmen mengamankan jalannya pemilu serentak dengan bekerjasama dengan Kodim 0307 dan tambahan anggota dari satuan Brimob Polda Sumbar," kata Kapolres Tanah Datar Bayuaji Yudha Prajas di Batusangkar, Selasa.

Ia mengatakan untuk keamanan pemilu serentak pihaknya akan mengerahkan 241 personil dari anggota Polres Tanah Datar, 30 orang personil dari Kodim 0307 Batusangkar, dan sebanyak 2000 orang dari linmas.

"Selain itu, kami juga meminta tambahan anggota dengan persenjataan lengkap sebanyak 50 orang anggota dari satuan brimob polda Sumbar untuk mengantisipasi gesekan pada pemilu serentak nanti," katanya.

Untuk keberlangsungan pemilu serentak 2019 di Tanah Datar, pihaknya akan menindak dengan tegas bila ada oknum atau pihak tertentu yang melakukan kecurangan atau kericuhan saat pemilihan.

Ia memerintahkan seluruh Kapolsek, wajib memantau setiap TPS di Tanah Datar untuk mengamankan dan mengawal gelaran pesta demokrasi tersebut.

"Saya perintahkan seluruh Kapolsek harus siap untuk melayani dan melindungi masyarakat agar proses demokrasi berjalan dengan baik," katanya.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Tanah Datar Hamdan mengatakan Provinsi Sumatera Barat merupakan provinsi ketiga paling rawan dalam tahapan pemilu berdasarkan Indek Kerawanan Pemilu (IKP) 2019 dengan nilai 51,22.

"Yaittu dibawah Provinsi Papua Barat dan Maluku yang juga memiliki kerawanan dalam dimensi penyelenggaraan pemilu yang adil," ujarnya.

Ia berharap pihaknya bersama dengan aparat kepolisian dan pihak terkait mampu mensukseskan pesta demokrasi tersebut agar berjalan dengan baik dan lancar. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar