Melalui Millennial Road Safety Festival, polisi sampaikan pesan tertib berlalu lintas

id millennial road safety festival,padang panjang,polres Padang Panjang

Pelajar mempraktekkan cara berkendara motor di area ujian praktek Surat Ijin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Colombo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (24/1/2019). Kegiatan yang diikuti sejumlah pelajar dan mahasiswa itu merupakan rangkaian Millenial Road Safety Festival yang bertujuan untuk mengkampanyekan keselamatan dan tertib berlalulintas khusus ditujukan kepada kaum muda. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp.)

Padang Panjang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, menyampaikan pesan tertib berlalu lintas kepada masyarakat daerah itu melalui lima bentuk kegiatan dalam Millennial Road Safety Festival.

Kapolres Padang Panjang, AKBP Cepi Noval di Padang Panjang, Selasa, mengatakan Millennial Road Safety Festival akan dilaksanakan pada 10 Maret 2019 setelah serangkaian sosialisasi yang sudah digelar sejak Januari 2019.

"Dalam lima bentuk kegiatan pada Millennial Road Safety Festival, ada harapan agar masyarakat terutama anak muda sadar untuk tertib berlalu lintas," katanya.

Kegiatan yang disiapkan dalam festival keselamatan di jalan tersebut yaitu jalan sehat mengelilingi Padang Panjang, senam massal, safety riding and driving, pameran produk kreatif milenial baik yang berhubungan dengan lalu lintas atau lainnya, dan deklarasi keselamatan berlalu lintas.

"Kami menargetkan ada lebih dari 5.000 warga yang hadir. Di kesempatan itulah pesan-pesan tertib berlalu lintas disampaikan," katanya.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang, Iptu B Mendrofa menambahkan Millennial Road Safety Festival merupakan kegiatan yang digagas Kakorlantas Polri untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang didominasi pengendara dalam rentang usia 17 sampai 35 tahun atau biasa disebut milenial.

Sejak Februari 2019, ujarnya, 24 provinsi telah menggelar kegiatan itu dan untuk wilayah Sumbar dijadwalkan pada 10 Maret 2019.

Menurutnya, selain sebagai sarana mengajak pengendara tertib lalu lintas, festival tersebut juga sebagai tempat anak muda menyalurkan kreativitas dan menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama.

Di samping lima kegiatan yang menjadi agenda utama Millennial Road Safety Festival di Padang Panjang, ia menyebutkan masih ada sejumlah kegiatan lain yaitu pertunjukan seni tari dan musik, donor darah, baca puisi keselamatan lalu lintas, penampilan Patroli Keamanan Sekolah dan Polisi Cilik, free style dari klub motor dan lainnya.

"Nanti ada tes keterampilan mengemudi. Bagi tiga anak milenial yang lulus, kami berikan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara gratis," katanya.

Millennial Road Safety Festival akan berakhir pada 31 Maret 2019. 31 Maret selanjutnya direncanakan ditetapkan sebagai hari keselamatan berlalu lintas. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar