Legislator minta masyarakat kawal hasil musrenbang hingga pembahasan di DPRD

id Muzni Zakaria

Legislator minta masyarakat kawal hasil musrenbang hingga pembahasan di DPRD

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria membuka secara resmi Musrenbang Kecamatan Sangir. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Solok Selatan, Sumatera Barat, Solikhin meminta masyarakat mengawal hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) hingga pembahasan akhir di DPRD.

"Peserta Musrenbang harus mengawal hasil musrenbang hingga ke DPRD karena di sana akan diputuskan, jangan sampai apa yang direncanakan jadi hilang," kata dia ketika menghadiri Musrenbang Kecamatan Sangir di Padang Aro, Selasa.

Dia juga mengimbau agar dalam Musrenbang jangan diiringi dengan kemarahan tetapi harus harmonis supaya hasilnya bermanfaat bagi masyarakat.

Kalau berjalan harmonis maka hasil Musrenbang akan berdampak positif pada pembangunan dan bermanfaat untuk masyarakat.

Sementara Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria mengajak peserta Musrenbang untuk menghasilkan usulan program kegiatan skala prioritas yang betul-betul bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"Dengan keterbatasan dana pemerintah daerah maka usulan yang disepakati harus program dan kegiatan yang betul-betul menjadi skala prioritas," ujarnya.

Musrenbang tempatnya berunding antara pemangku kepentingan di kecamatan untuk menentukan kegiatan apa saja yang menjadi prioritas dan bermanfaat bagi masyarakat untuk diusulkan.

Untuk pembangunan daerah kata dia, tidak cukup hanya dengan APBD tetapi pemerintah daerah juga berupaya mencari ke provinsi dan pusat.

Solok Selatan katanya, memiliki potensi yang banyak seperti di sektor pariwisata dan ini harus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami sedang mengupayakan jalan tembus ke Lintas Sumatera bisa terealisasi secepatnya supaya akses ke Solok Selatan lancar sehingga banyak orang berkunjung," ujarnya

Potensi Solok Selatan dari sektor pariwisata kata dia hampir semua Kecamatan memilikinya, dan tugas ke depannya bagaimana ini bisa menjadi sesuatu yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. (*)