Masyarakat Tanah Datar diminta sukseskan pembangunan jalan dua jalur Batusangkar

id jalan dua jalur batusangkar

Masyarakat Tanah Datar diminta sukseskan pembangunan jalan dua jalur Batusangkar

Wakil Bupati Tanah Datar saat menghadiri musrenbng kecamatan di Kantor Camat Lima Kaum Batusangkar, Senin (4/3). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

BatusangkarĀ  (ANTARA) - Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma mengajak masyarakat di daerah itu untuk ikut mensukseskan percepatan pembangunan jalan dua jalur menuju pusat kota Batusangkar.

"Rencana pembangunan jalan dua jalur dari Simpang Rawang Kecamatan Pariangan sampai Simpang Manungggal Kecamatan Lima Kaum sudah kita lakukan pengukuran jalan, mohon dukungan masyarakat agar proses percepatan pengerjaannya segera dimulai," Kata Wakil Bupati Zuldafri Darma di Batusangkar, Senin.

Ia mengatakan pembangunan jalur dua Batusngkar selain untuk mengurangi kemacetan juga bisa mendongkrak kunjungan wisatawan datang ke Kabupaten Batusangkar.

Ia meminta kepada Camat di daerah itu, Wali Nagari, serta tokoh masyarakat untuk bisa meyakinkan masyarakat setempat dalam menyelesaikan ganti lahan yang akan dijadikan perlebaran jalan tersebut.

Karena pemkab Tanah Datar berupaya untuk memberikan ganti untung kepada masyarakat yang tanahnya terpakai untuk dijadikan pembangunan jalur dua tersebut.

"Untuk menciptakan wajah kota Batusangkar ke arah lebih bagus kami akan memberikan ganti untung kepada masyarakat, bukan lagi ganti rugi," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Tanah Datar, Nofi Hendri mengatakan pembangunan julur dua tersebut akan dibangun dari Pariangan menuju Batusangkar dan dari Sungai Tarab menuju Batusangkar.

Untuk tahap awal Pemkab Tanah Datar akan memulai pembangun tersebut dari Nagari Limo Kaum menuju Batusangkar sepanjang empat kilo meter.

Pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk membicarakan ganti rugi lahan. Pembangunan jalan tersebut juga mendapat dukungan dari masyarakat setempat . (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar