Wali Kota: KB-Kes langkah Pariaman hadapi bonus demografi

id KB Kes,Bonus Demografi

Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayjen TNI George Elnadus Supit (lima kiri) bersama Walikota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar (tiga kiri) memukul tambue pada Pencanangan TNI Manunggal KB-Kes Tingkat Nasional di Pariaman, Senin (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengatakan program Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB-Kes) merupakan langkah pihaknya untuk mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi.

"KB-Kes bukan hanya sekadar untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk namun juga bisa untuk persiapan demografi," kata dia saat menyampaikan sambutan pada Pencanangan TNI Manunggal KB-Kes Tingkat Nasional di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan program KB-Kes dapat mempersiapkan bangsa ini untuk menghadapi bonus demografi yang terjadi pada 2025 hingga 2045.

Untuk itu, lanjutnya perlu upaya yang tidak saja mengendalikan jumlah penduduk namun juga membiasakan norma keluarga bahagia dan sejahtera guna mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi bonus demografi tersebut.

Ia menyampaikan untuk pelaksanaan Program KB dan Kesehatan di Kota Pariaman pihaknya bekerjasama dengan berbagai pihak sehingga program tersebut berjalan lancar.

Ia menyebutkan indikator berjalannya program tersebut di kota itu yaitu meraih prestasi nasional dalam program terpadu KB-Kes.

Ia merincikan prestasi tersebut yaitu tiga penghargaan sekaligus diraih Kota Pariaman, yakni Juara I Pakarti Madya yang diraih oleh Desa Talago Sariak Kecamatan Pariaman Timur, Lencana Manggala Karya Kencana.

Selanjutnya Penghargaan Dharma Karya Kencana untuk Komandan Kodim 0308/Pariaman pada tahun 2014 yang lalu.

Sedangkan pada bidang kesehatan, lanjutnya Kota Pariaman juga telah berhasil meraih penghargaan nasional dalam bidang pembangunan kesehatan Swasti Sabha Padapa.

"Bahkan Kota Pariaman telah meraih Penghargaan Nasional empat tahun berturut-turut dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia berupa Penghargaan Kota Layak Anak," tambahnya.

Sebelumnya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama TNI mencanangkan program Manunggal Keluarga Berencana dan Kesehatan tingkat nasional tahun 2019 sebagai implementasi dari kerja sama kedua instansi tersebut dalam penguatan kependudukan.

Kegiatan Bakti Sosial TNI bidang kesehatan dalam program Manunggal KB dan Kesehatan yang diselenggarakan di Pantai Kata Kota Pariaman, Senin, dicanangkan oleh Asisten Teritorial Panglima TNI, Mayjen TNI George Elnadus Supit yang mewakili Panglima TNI.

“Saya sangat berharap melalui kegiatan kerja sama seperti ini akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional,” kata GE Supit membacakan sambutan Panglima TNI. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar