Pasaman Barat multi etnis, UAS ajak masyarakat jaga persatuan dalam keberagaman

id Ustadz Abdul Somad

Pasaman Barat multi etnis, UAS ajak masyarakat jaga persatuan dalam keberagaman

Ustadz Abdul Somad saat memberikan tausiyah di hadapan ribuan jamaah di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Senin (4/3).

Simpang Empat (ANTARA) - Ustadz Abdul Somad (UAS) mengajak masyarakat Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat selalu menjaga persatuan dan kesatuan di dalam keberagaman.

"Pasaman Barat ini terdiri dari tiga etnis besar yakni Minang, Mandailing dan Jawa. Tetap tingkatkan pesatuan dan kekompakan," katanya saat memberikan tausiyah di hadapan ribuan masyarakat Pasaman Barat di halaman kantor bupati setempat, Senin pagi.

Menurutnya Pasaman Barat merupakan daerah yang berkembang dengan keberagaman yang ada. Jangan beda-bedakan suku yang ada. Jagalah kekompakan karena itu adalah modal untuk kemajuan.

"Kekompakan yang sudah ada saat ini harus tetap dijaga. Kalau perlu mari tingkatkan kekompakan dan silaturrahmi," ujarnya.

Ia mengatakan sangat terharu melihat kehadiran masyarakat untuk sholat shubuh berjamaah dan mendengarkan tausiyah.

"Apalagi cuaca hujan sejak Minggu (3/3) malam. Saya kira jemaah akan sepi. Ternyata sangat ramai dan membanjiri halaman kantor bupati," sebutnya.

Ia mengajak masyarakat tetap manjaga sholat shubuh berjamaah, jangan ketika ada tausiyah saja.

"Biasakan bangun pagi dan sholat berjamaah. Banyak hikmah yang biaa diambil ketika bangun pagi dan sholat berjamaah," katanya.

Selain itu ia juga mengajak masyarakat agar memperbanyak sadaqah. Sebab dengan banyak sadaqah akan dibukakan pintu syorga nantinya.

"Mudah-mudahan Pasaman Barat jaya selalu dan berkah. Masyarakat harus terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," harapnya.

Bupati Pasaman Barat, Syahiran pada kesempatan itu mengucapkan syukur karena akhirnya kehadiran Ustadz Abdul Somad di Pasaman Barat dapat terwujud.

"Semoga kehadiran Ustad Abdul Somad di Pasaman Barat dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pasaman Barat dalam rangka pencerahan dan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT," harapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan kedatangan Ustad Abdul Somad di Pasaman Barat sangat baik dan mencerahkan.

"Zaman sekarang masyarakat butuh pencerahan tentang agama. Kehadiran Ustad Abdul Somad sangat perlu untuk memberikan pencerahan tentang ilmu agama," katanya.

Ia berharap Ustad Abdul Somad kembali ke Pasaman Barat karena pencerahan tentang ilmu agama sangat penting di tengah keriuhan dan perkembangan zaman saat ini.

Kehadiran Ustad Abdul Somad disambut luar biasa oleh masyarakat Pasaman Barat. Sejak Minggu (3/3) malam, ribuan masyarakat sudah mulai berdatangan menuju halaman kantor bupati.

Sekitar 20 ribu masyarakat berkumpul di halaman kantor bupati melaksanakan sholat shubuh berjamaah dengan imam Ustad Abdul Somad.

Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan tausiyah Ustad Abdul Somad dihadapan ribuan jemaaah. (*)