Wali Kota Padang beri hadiah siswa penghafal Al Quran

id wisuda alquran

Wali Kota Padang beri hadiah siswa penghafal Al Quran

Wali Kota Padang Mahyeldi memberikan hadiah kepada siswa penghafal Al Quran di Padang, Minggu (3/3) (Antara Sumbr/humas)

Padang (ANTARA) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat Mahyeldi memberikan hadiah kepada tiga siswa SMPN 11 Padang penghafal Al Quran pada pelaksanaan Wisuda Tahfidz di Padang, Minggu.

Hadiah yang diberikan sebagai bentuk penghargaan dan juga sebagai bentuk motivasi kepada siswa/siswi yang lainnya agar mampu menjadi penghafal Al Quran, kata Mahyeldi pada acara Smart Eleven ke-4 2019 serta Wisuda Tahfidz SMPN 11 Padang.

Siswa yang hafal tujuh juz mendapatkan hadiah Rp1 juta, empat juz Rp750.000 dan tiga juz Rp500.000.

Menurut Wali Kota, Pemkot Padang melalui Dinas Pendidikan telah menjadikan hafalan Al Quran sebagai program ekstrakurikuler di setiap sekolah di Padang.

“Mudah-mudahan ke depan seluruh siswa yang beragama Islam di Kota Padang menjadi penghafal Al Quran, sekaligus memahami isi dan mengamalkannya,” ujarnya.

Ia menyampaikan sesuai dengan falsafah adat Minang yaitu "adat basandi sara’, sara’ basandi kitabulah, syara’ mangato adat mamakai" maka Al Quran menjadi bagian yang menyatu dalam dunia pendidikan di Padang

"Semoga nilai yang ada dalam Al Quran menyatu dalam kehidupan masyarakat Kota Padang," kata dia.

Pada kesempatan itu Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada Camat Lubuk Kilangan, Pengawas guru Agama dan pihak terkait yang telah menyelenggarakan perlombaan Tahfidz Al Quran.

Sementara itu Kepala SMPN 11 Padang Erlinawati mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Padang yang telah berkenaan hadir dan memberikan hadiah kepada siswa penghafal Al Quran.

Ia menyebutkan wisuda Tahfidz SMPN 11 Padang angkatan pertama ini berjumlah sebanyak 32 orang dengan kriteria hafalan 7 juz, 4 juz, 3 juz berjumlah masing-masing 1 orang, dan 1 juz sebanyak 27 orang.

Pelaksanaan wisuda diawali dengan ujian komprehensif, dilanjutkan dengan pawai dan berbagai macam perlombaan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius, Camat Lubuk Kilangan Yalmasri, Pengawas Guru Agama Kota Padang, para orang tua wisudawan/ wisudawati dan para undangan .