BI Sumbar sosialisasikan cinta rupiah lewat sepeda santai

id Cinta rupiah

BI Sumbar sosialisasikan cinta rupiah lewat sepeda santai

Kepala BI perwakilan Sumbar melepas sepeda santai dalam rangka sosialisasi cinta rupiah di Padang, Minggu (3/3) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat menyosialisasikan gerakan cinta rupiah kepada kalangan pelajar SMA dan SMK serta perbankan di Padang lewat kegiatan sepeda santai Minggu.

"Pada tahun ini kami memilih sarana sosialisasi cinta rupiah lewat sepeda santai dilanjutkan dengan sosialisasi bagaimana seharusnya memperlakukan rupiah," kata Kepala BI perwakilan Sumbar Endy Dwi Tjahjono.

Menurut dia pelajar SMA dan SMK dipilih sebagai salah satu target untuk menumbuhkan kecintaan terhadap rupiah sejak dini.

Rupiah yang didapat adalah rezeki karena itu harus dijaga dan diperlakulan dengan baik, kata dia.

Ia mengatakan pemahaman tentang bagaimana memperlakukan rupiah penting sehingga uang lebih awet kondisi fisiknya.

"Oleh karena itu uang rupiah jangan ditekuk, dicoret, distaples apalagi dibasahi," ujarnya.

Bank Indonesia pada satu sisi berkewajiban menjaga uang yang beredar di masyarakat kualitasnya baik dan jumlahnya cukup.

Endy menambahkan jika ada uang yang sudah tidak layak edar akan ditarik untuk dimusnahkan untuk diganti dengan yang baru.

Sementara Kepala unit pengelolaan uang rupiah BI perwakilan Sumbar Ardi Wandi mengingatkan masyarakat untuk bersama -sama menjaga rupiah.

"Misalnya saat berbelanja di pasar ada pedagang yang memperlakukan uang tidak baik seperti pedagang ikan yang kerap membasahi maka jangan ragu untuk mengingatkan," kata dia. (*)