Peringati HPSN, Pemkab Tanah Datar tanam pohon

id Hari Peduli Sampah Nasional,Hari Peduli Sampah Nasional Tanah Datar

Peringati HPSN, Pemkab Tanah Datar tanam pohon

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma melakukan penanaman pohon Jum'at (1/3) . (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar melakukan aksi tanam pohon dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di daerah itu.

"Aksi tanam pohon itu merupakan salah satu program penghijauan yang tengah di galakkan Pemkab Tanah Datar untuk mencitapkan lingkungan bersih dan hijau," kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Peringat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Batusangkar, jum'at.

Ia mengatakan selain melakukan penanaman pohon pihaknya juga mengajak warga masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya menjadi budaya yang harus dilakukakan dalam kehidupan.

"Kalau budaya membuang sampah sampah di tempatnya sudah teraplikasikan, dimana pun kita berada kita pasti akan memungut sampah itu dan memasukkannya kedalam tong sampah, maka lingkungan pun menjadi bersih," ujarnya.

"Dengan demikian Kabupaten Tanah Datar akan selalu bersih. Kalau sudah bersih kita juga yang akan menikmati kesehatannya," katanya.

Ia mengatakan saat ini sampah telah menjadi masalah nasional. Banyak efek yang ditimbulkan akibat sampah kalau tidak dikelola dengan baik, sehingga berpotensi besar perkembangan biakaan penyakit bahkan nyamuk demam berdarah.

Ia meminta HPSN ini bukan hanya dalam bentuk slogan belaka. Ia mengajak perangkat daerah beserta masyarakat untuk membagun kesadaran peduli lingkungan bersih diiringi dalam bentuk fisik dalam pengelolaan sampah.

"Tularkan semangat ini dengan siapa pun kita bekomuniaksi jadikan peduli sampah ini tanggung jawab bersama. Karena kalau lingkungan sudah bersih akan menjadi berkah bagi diri kita," katanya.

Selain itu dalam aksi peduli sampah pihaknya juga melakukan program penghijaun lingkungan dengan melakukan penanam pohon di kawasan sekitaran tempat pembuangan akhir (TPA).

"Selain melakukan program bersih-bersih kita juga melakukan upaya untuk melakukan program penghijauan lingkungan, dan kali ini kita akan melakukan penanaman di sekitaran TPA," katanya.

Sementara Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Tanah Datar Desi Trikorina mengatakan program HPSN ini merupakan upaya Pemkab dalam mengurangi sampah.

Program ini sudah dimulai di lingkup aparatur Pemerintahqn dengan tidak menggunakan kantong plastik disetiap ada rangkain acara dan setiap SKPD diharuskan memiliki tong sampah dan pengelolaan sampah organik.

"Program itu sudah kami lakukan dua tahun lalu dan terbukti Pemkab Tanah Datar mendapatkan penghargaan Adipura dari pemerintah pusat," katanya. (*)