Korban gempa Solok Selatan diberikan terapi healing

id Gempa Solok Selatan,Terapi Healing bagi korban gempa,dampak gempa solok selatan

Korban gempa Solok Selatan diberikan terapi healing

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mendidirkan tenda pengungsian warga yang terdampak gempa bumi, Kamis (28/2) (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, akan memberikan terapi healing kepada warga yang terdampak langsung gempa untuk menghilangkan trauma serta mengembalikan kepercayaan diri mereka.

"Saat ini korban gempa masih ketakutan dan belum mau kembali ke rumahnya sehingga untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka di berikan terapi healing," kata Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman, di Padang Aro, Jumat.

Dia mengatakan warga yang masih sebagai pelajar masih takut untuk pergi sekolah sehingga perlu diberikan terapi untuk mengembalikan kepercayaan dirinya.

"Petugas trauma healing bertugas mengembalikan kepercayaan diri korban terutama anak-anak," ujarnya.

Masyarakat, kata dia, masih takut pulang kerumahnya karena masih sering terjadi gempa susulan.

Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman menambahkan, hari ini ada dua orang dokter yaitu spesialis bedah dan spesialis anak yang memberikan trauma healing.

"Ada empat spesialis yang dipersiapkan membantu korban gempa tapi hari ini yang turun dua orang dan mereka akan bergantian bekerja," ujarnya.

Pelayanan kesehatan, katanya, saat ini dilakukan di luar fasilitas kesehatan kesehatan sebab dikhawatirkan akan melukai warga karena gempa masih sering terasa.

Dia mengatakan, untuk stok obat-obatan saat ini masih mencukupi selain itu juga ada bantuan untuk Provinsi.

Untuk korban luka sampai saat ini sebanyak 55 orang dengan rincian setiap Puskesmas yaitu Mercu 37 orang, Abai 11 orang, Puskesmas Talunan lima orang dan Puskesmas Bidar Alam dua orang diman satu orang rujuk ke RSUD. ***3***
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar