2019, Bank Nagari Payakumbuh targetkan penyaluran KUR Rp62 miliar

id bank,nagari,payakumbuh,kur

Kepala Cabang Bank Nagari Payakumbuh, Roni Edrian dan Kepala Seksi Kredit Komersil Bank Nagari Cabang Payakumbuh Satria Eka Putra (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh (ANTARA) - Bank Nagari Cabang Payakumbuh, Sumatera Barat, menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp62 miliar pada 2019.

"Penyaluran KUR Rp62 miliar itu harus disalurkan ke sektor ekonomi pertanian, peternakan dan perkebunan, sisanya ke sektor perdagangan, dan tidak boleh lebih dari 40 persen," kata Kepala Cabang Bank Nagari Payakumbuh, Roni Edrian di Payakumbuh, Rabu.

Kepala Seksi Kredit Komersil Bank Nagari Cabang Payakumbuh, Satria Eka Putra menjelaskan target tersebut turun dari target tahun sebelumnya yang mencapai Rp80 miliar.

"Dalam pelaksanaannya pada 2018 kita memang tidak bisa menyalurkan secara maksimal dari Rp80 miliar itu, karena yang tersalurkan hanya Rp62,5 miliar," katanya.

Bank Nagari Cabang Payakumbuh yang membawahi Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota tersebut merupakan cabang yang paling besar target KUR-nya dibanding cabang lain.

Ia mengatakan penyaluran KUR diprioritaskan untuk sektor ekonomi pertanian atau peternakan agar mampu mendongkrak ekonomi masyarakat.

"Misalnya beternak ayam, itik akan lebih prioritas dalam proses penyalurannya sebagai sektor utama penunjang perekonomian," jelasnya.

Hal tersebut juga sesuai juklak dalam program pemerintahan yang ingin mengembangkan sektor ini sebagai penunjang utama perekonomian untuk memperkuat sektor perdagangan.

Sementara itu persyaratan usaha yang dibiayai KUR adalah usaha yang telah berjalan minimal enam bulan.

"Karena yang akan membayar kredit ini nanti adalah dari hasil usaha bukan pokok usaha," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar