LLDIKTI Wilayah X gelar pelatihan Penyusunan BKD LKD Bagi Dosen PTS Sumbar dan Jambi

id lldikti wilayah X

LLDIKTI Wilayah X  gelar pelatihan Penyusunan BKD LKD Bagi Dosen PTS Sumbar dan Jambi

Peserta pelatihan penyusunan Beban Kerja Dosen dan Laporan Kinerja Dosen (Antara Sumbar/LLDIKTI X)

Padang (ANTARA) - LLDIKTI Wilayah X menyelenggarakan pelatihan penyusunan Beban Kerja Dosen dan Laporan Kinerja Dosen yang diikuti oleh dosen Perguruan Tinggi Swasta dari provinsi Sumbar dan Jambi di UPI Convention Center, Selasa-Rabu 26-27 Februari 2019.

Kepala Bagian Sumber Daya Perguruan Tinggi LLDIKTI Wilayah X Febrina Fitri, di Padang , Selasa mengatakan total ada 896 dosen yang lulus sertifikasi dosen pada 2018.

Sebelumnya pelatihan LKD/BKD juga sudah dilaksanakan bagi dosen PTS provinsi Riau dan Kepri di Pekanbaru. Sekarang, sebanyak 428 dosen dari PTS di provinsi Sumbar dan Jambi ikut sebagai peserta pelatihan.

“Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja, memudahkan menyusun beban kerja, mengerti teknis penyusunan laporan kinerja dosen. Laporan BKD/LKD ini harus dilaporkan setiap semesternya ke LLDIKTI Wilayah X,” ucap dia.

Febrina juga memotivasi dosen agar meningkatkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan tidak puas dengan hanya S2 saja yang merupakan syarat minimal jenjang pendidikan untuk menjadi dosen.

Pada kesempatan tersebut, Kasubag Diktendik LLDIKTI Wilayah X Reri Anton,mengatakan BKD dan LKD adalah tanggung jawab yang harus dibuat dan dilaporkan dosen, baik itu sudah sertifikasi atau belum.

Bagi dosen yang sudah sertifikasi sekaligus ini merupakan pertanggungjawaban terhadap penerimaan dana bagi tiap individu ataupun lembaganya. Artinya, setelah melaporkan BKD dan LKD nantinya akan dikompilasi menjadi beban kinerja perguruan tinggi.

Turut memberikan pembekalan sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Syahro Ali akbar, Dr. Antoni, Dr. Faiza Rini dan Reri Anton, ST, MM.