Pariaman prioritaskan SLRT salurkan bantuan warga miskin

id Genius Umar,Walikota Pariaman,Program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu

Walikota Pariaman, Genius Umar menandatangani kesepakatan diterapkannya SLRT di Pariaman, Selasa (26/2). (ANTARA SUMBAR / Aadiaat M.S)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat memprioritaskan menggunakan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) untuk memberikan bantuan kepada warga miskin di daerah itu.

"Program bantuan untuk warga miskin sangat banyak, baik dari pemerintah pusat maupun daerah," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi SLRT Kota Pariaman tahun 2019 di Pariaman, Selasa.

Namun, menurutnya bantuan yang diberikan selama ini tidak berjalan dengan baik akibat penyaluran yang tumpang tindih atau tidak mereta.

Bahkan status ekonomi warga yang mendapatkan bantuan tersebut pun tidak berubah sehingga diperlukan upaya agar data warga miskin di daerah itu lebih akurat dan penyalurannya sesuai sistem.

Ia mengatakan hal tersebut dapat diatasi melalui SLRT karena program tersebut dapat langsung menyasar ke masyarakat miskin yang ada desa-desa.

Ia menjelaskan program tersebut merupakan kerja sama antara Pemko Pariaman dengan Kementerian Sosial RI yang mana pelayanan yang diberikan bersifat satu atap.

Ia menyampaikan layanan tersebut langsung menyasar ke warga miskin yang ada desa-desa sehingga diketahui kebutuhannya.

Dengan sistem tersebut maka warga miskin di daerah itu hanya dapat mengajukan permohonan bantuan kepada pengelola program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang dikelola oleh pemerintah setempat sesuai kebutuhannya.

Pihaknya berharap dengan diterapkannya sistem ini maka dapat menekan angka kemiskinan di Kota Pariaman.

Ia juga meminta seluruh pemangku kepentingan dan organisasi perangkat daerah terkait dapat bekerja sama untuk menerapkan SLRT tersebut.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar