Wako Payakumbuh minta sekda baru Inovatif

id riza,falepi,sekda,rida,ananda

Pelantikan Sekda definitif Kota Payakumbuh Rida Ananda (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi meminta Rida Ananda sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) yang baru untuk mampu berinovasi dan kreatif.

"Sekda baru harus inovatif karena citra pemerintah daerah banyak ditentukan oleh pelaksana tugas seorang sekretaris daerah," kata Riza Falepi di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan posisi Sekda adalah jabatan penting di pemerintahan sehingga diharapkan kepadanya untuk mampu menciptakan pemerintahan yang good governance.

"Menghadapi masa globalisasi yang ditunjang dengan pesatnya kemajuan teknologi seperti saat ini, seorang Sekda dituntut untuk bisa mengikuti dinamika yang saat ini berkembang tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan Sekda yang baru dilantik diharapkan bisa menjalanan fungsi pemerintahan dengan baik, yaitu fungsi pelayanan, fungsi pembangunan, dan pemberdayaan serta memberikan pelayanan demi kesejahteraan masyarakat.

Pengambilan sumpah jabatan orang nomor satu untuk pimpinan tertinggi kepegawaian di daerah setempat itu dilaksanakan di Aula Lantai III Balaikota Payakumbuh, Selasa 26 Februari 2019.

Sebelum dijabat Rida Ananda, posisi Sekda Kota Payakumbuh ditempati oleh Amriul Datuak Karayiang selaku pejabat sementara selama enam bulan terakhir.

Lebih lanjut, politisi PKS itu meminta kepada Rida Ananda selaku Sekda untuk terus meningkatkan kemampuan dalam menjalankan otonomi daerah dan juga harus mampu menyikapi berbagai isu-isu strategis yang terdapat di lingkungan pemerintahan daerah.

"Dengan hadirnya Sekda baru diharapkan mampu menghadirkan perubahan lewat inovasi dan kreatifitas," pungkasnya.

Sebelum menetapkan Sekda defenitif, Pemko Payakumbuh sebelumnya telah melakukan seleksi terbuka yang diikuti oleh enam calon, yaitu empat dari lingkungan Pemko Payakumbuh dan dua dari daerah lain.

Dari keenam nama tersebut, dilakukan seleksi secara administrasi serta seleksi tertulis oleh panitia seleksi yang diketuai oleh Asisten I Pemprov Sumbar, Nasir Ahmad. Dari situ dimunculkan tiga nama terbaik dan salah satu diantaranya adalah Rida Ananda.

Sekda Payakumbuh definitif Rida Ananda mengatakan dirinya akan berkoordinasi dengan perngkat daerah membantu wali kota dalam memaksimal realisasi kebijakan sampai berhasil.

"Program kita akan menyusun administrasi dan menindaklanjuti pekerjaan yang belum selesai serta penguatan sistem IT," ujarnya.(*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar