ACT Sumbar laksanakan sejumlah program kemanusiaan selama 2019

id ACT Sumbar

ACT Sumbar laksanakan sejumlah program kemanusiaan selama 2019

Salah satu kegiatan ACT Sumbar, Jumat Barokah, membagikan makanan gratis kepada warga yang membutuhkan. (Dokumentasi ACT Sumbar)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat, telah menyiapkan sejumlah program bidang kemanusiaan yang akan dilaksanakan selama 2019 baik untuk dalam dan luar Sumbar.

"Program ini sebelumnya sudah jalan dan tahun ini kami lanjutkan kembali. Ada untuk Sumbar, luar Sumbar dan luar Indonesia," kata Kepala Cabang ACT Sumbar, Zeng Wellf di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan, beberapa program yang disiapkan di antaranya program Indonesia Selamatkan Palestina berupa Kapal Kemanusiaan ke dua dengan target mengirimkan 10ribu ton beras.

"Kami ulang program yang sama. Di tahun sebelumnya, Kapal Kemanusiaan pertama membawa 2.000 ton beras bagi warga Palestina," katanya.

Selain Kapal Kemanusian, pada Januari 2019 ACT sudah bantu berupa 100ribu liter bensin untuk empat rumah sakit di Gaza karena di sana listrik hanya dipasok dua jam dalam sehari.

"Sebagai bentuk dukungan, kami berencana membentuk satu kampung Palestina di Padang. Ini terlaksana jika warga berkenan atau memberi izin karena kami mengahadirkan nuansa Palestina di kampung tersebut," katanya.

Selanjutnya kegiatan penggalangan dana untuk etnis muslim minoritas di Cina, Uighur, yang kebanyakan mengungsi ke wilayah Turki karena terampasnya hak beragama di negara asal.

Sementara di wilayah Sumbar, ACT Sumbar menyiapkan program Kapal Asa Mentawai untuk memfasilitasi satu sampai dua orang ustad untuk menyiarkan Islam di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan membantu perdagangan.

"Donasinya sekarang sedang masuk. Nanti pusatnya di Siberut dan sementara ada satu Kapal Asa yang tersedia," katanya.

Program lainnya yaitu etalasi sedekah setiap Jumat dan wakaf sumur yang sudah ada di sembilan titik di Sumbar di antaranya Pasaman, Solok dan Mentawai. Wakaf sumur dilaksanakan untuk membantu kebutuhan air di masjid, pesantren dan fasilitas umum lain.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, melalui para relawan ACT Sumbar juga melakukan kegiatan pencegahan bencana bagi masyarakat.

"Pencegahan dampak bencana yang dilaksanakan oleh relawan kami lakukan secara pendekatan keagamaan. Secara teknis tentu oleh pemangku kepentingan yang berkaitan," katanya.

Program-program kemanusiaan yang dijalankan ACT, ujarnya membutuhkan dukungan donasi dari masyarakat agar dapat terlaksana sesuai target.

Bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan bantuan untuk mendukung program tersebut, dapat disalurkan melalui rekening BNI Syariah 66 000 44001 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

Bantuan juga dapat disampaikan langsung melalui kantor ACT Sumbar yang berlokasi di Jalan S Parman nomor 170C, Ulak Karang Selatan, Padang. (*)