BKSDA beri makan buaya muara yang menjaga telur

id Buaya Muara,BKSDA Agam

BKSDA beri makan buaya muara yang menjaga telur

Petugas BKSDA Resor Agam, sedang melihat telur buaya di Ujuang Labuang, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara. (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatera Barat, memberikan makan buaya muara yang menjaga telurnya di lahan perkebunan kelapa sawit milik warga di Ujuang Labuang, Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Lubukbasung.

Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra di Lubukbasung, Senin, mengatakan, petugas memberikan makan buaya muara itu saat terlihat menjaga telur. Setiap tiga hari diberi satu ekor ayam.

Pangan itu diberikan karena sekitar telur tidak ada mangsa untuk dimakan, seperti biawak, kadal dan lainnya.

"Apabila kita tidak menyuplai makanan, maka buaya tersebut kesulitan untuk mendapatkan makanan karena buaya tersebut tidak akan meninggalkan lokasi telur," tegasnya.

Buaya itu berada di lokasi tersebut sampai telur menetas, ia memperkirakan telur itu menetas pada awal April 2019.

Setelah menetas, anak buaya akan mencari sungai atau habitatnya.

"Kita akan memantau telur itu sampai menetas dan buaya kembali ke habitatnya," tambahnya.

Agar tidak diganggu warga, BKSDA memasang papan imbauan agar warga tidak mengambil telur dan mendekat ke lokasi bertelur buaya itu.

Papan imbauan itu telah pasang sekitar lokasi dengan jarak sekitar 10 meter dan apabila mendekat warga akan diserang buaya tersebut.

"Selama berproduksi atau musim kawin, buaya memiliki perilaku yang agresif sehingga apabila ada gangguan maka buaya itu akan menyerang balik," katanya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar