AFP Sumbar ajukan diri sebagai tuan rumah Pra PON 2020

id futsal,afp,pra pon

AFP Sumbar ajukan diri sebagai tuan rumah Pra PON 2020

Tim Futsal Sumbar pada PON 2016 Jawa Barat. (Istimewa)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumatera Barat mengajukan diri sebagai tuan rumah pelaksanaaPra Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga futsal.

Ketua AFP Sumbar Yusman Yanusar di Padang, Sabtu mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Federasi Futsal Indoenesia (FFI) terkait jadwal pelaksanaan Pra PON, namun masih menunggu keputusan dari KONI.

“Dalam regulasi yang ada Pra PON dilaksanakan satu tahun sebelum PON digelar dan biasanya dilaksanakan pada Oktober nanti. Kita masih menunggu jadwal pastinya dan siapa yang akan menjadi tuan rumah,” katanya.

Ia mengatakan Sumbar sendiri telah melakukan seleksi terhadap 50 pemain yang dipantau ketika berlaga di Liga Futsal Nusantara (LFN) 2018, Porprov 2018 serta klub-klub yang ada di Sumbar.

Saat ini tinggal 30 pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan pada awal Maret nanti dan selanjutnya akan dilakukan seleksi berjalan untuk menentukan pemain yang akan memperkuat Sumbar di ajang Pra PON.

Ia mengatakan target tim ini adalah lolos ke PON 2020, hal ini bukanlah target yang tinggi karena pada saat PON Riau lalu, Sumbar berhasil mendapatkan medali emas saat cabor futsal ini pertama kali digelar dalam ajang PON. Hal itu membuat Sumbar mendapat tiket langsung berlaga di PON Jawa Barat dan hasilnya tidak mencapai target.

“Hal ini membuat kami berjuang kembali dari awal melalui Pra PON untuk lolos dan berlaga di ajang PON 2020. Kita telah dua kali meloloskan tim dan tentu target kita juga lolos,” kata dia.

Ia menilai untuk komposisi pemain sendiri sebenarnya Sumbar kaya talenta pemain dengan kualitas yang baik. Hal ini coba dipoles dengan menghadirkan jajaran pelatih berkompeten sehingga dapat meraih hasil yang diinginkan nantinya.

“Pemain kita tidak kalah dengan pemain dari daerah lain namun butuh usaha kuat untuk kembali berlaga di PON dan menjadi yang terbaik. Salah satunya memberikan mereka pelatih terbaik dan menggelar pemusatan latihan sejak jauh hari sehingga tim Sumbar semakin padu dan matang,” kata dia.

Tim Futsal Sumbar yang akan berlaga di ajang Pra PON 2020 nanti dilatih oleh Adrian Andika dengan Direktur Teknik Qusmaini Noor dan Rangga Zaputra sebagai pelatih kiper

Sebelumnya Direktur Teknik tim futsal Sumbar Qusmaini mengatakan ini merupakan pemain yang terbaik dari yang baik karena mereka memiliki kemampuan yang hampir merata bagusnya.

“Untuk tahap awal kita hanya butuh dua hari untuk seleksi, selanjutnya untuk melihat potensi pemain kita tentu butuh waktu untuk menetapkan jumlah ideal tim pra PON Sumbar ini,” katanya.