Warga Tanah Datar "titip pesan" pada pemerintah turunkan harga tiket pesawat

id turunkan tiket pesawat, warga tanah datar

Warga Tanah Datar "titip pesan" pada pemerintah turunkan harga tiket pesawat

Wamen ESDM Arcandra Tahar saat peresmian sumur bor di Tanah Datar, (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar,(Antara) - Warga Nagari Sumaniak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat menitip pesan lewat Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar kepada pemerintah pusat agar menurunkan harga tiket pesawat.

"Kami meminta kepada Pak Arcandra sebagai orang yang dekat Presiden menyampaikan agar menurunkan tiket pesawat baik datang maupun keluar Sumatera Barat," kata seorang warga Sumaniak Uniang Gadih (60) di Batusangkar, Sabtu saat peresmian sumur bor tanah di daerah itu.

Ia mengatakan naiknya tiket pesawat tersebut berdampak kepada pariwisata yang ada di Sumatera Barat, yang secara tidak langsung juga membunuh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat.

Padahal saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tengah giatnya dalam pengembangan di bidang pariwisata untuk menarik pengunjung datang ke Ranah Minang.

"Kami berharap pesan kami ini didengarkan dan pak Presiden mau menurunkan harga tiket pesawat, naiknya harga tiket pesawat perpengaruh kepada usaha kami," katanya.

Menanggapi hal itu, Wamen ESDM Arcandra Tahar juga mengatakan bahwa sebagai pemakai jasa transportasi udara ia juga merasakan naiknya harga tiket.

Naiknya harga tiket pesawat bukanlah keinginan dari pemerintah. Sebelumnya pemerintah telah berupaya menurunkan harga tiket tersebut, namun upaya itu belum sepenuhnya diturunkan.

Ia juga mengatakan bantuan sumur bor ini merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat di daerah yang sulit mendapatkan air bersih melalui Kementrian ESDM.

"Pemerintah hanya memfasilitasi agar masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan," ujarnya.

*