Unand akan terapkan pendidikan vokasi persiapkan lulusan masuki dunia kerja

id pendidikan vokasi, unand

Unand akan terapkan pendidikan vokasi persiapkan lulusan masuki dunia kerja

Wisudawan Universitas Andalas mengikuti prosesi wisuda di Auditorium Unand pada Sabtu (23/2) (Antara Sumbar/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antaranews Sumbar)- Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat akan menerapkan pendidikan vokasi menindaklanjuti program pemerintah untuk mempersiapkan lulusannya memasuki dunia kerja sehingga lebih siap bersaing.

"Jadi saat ini kita disuruh membuka sarjana terapan agar ada keterkaitan dengan dunia industri," kata Rektor Unand Tafdil Husni di Padang, Sabtu pada wisuda I tahun akademik 2019.

Menurut dia salah satu upaya yang dilakukan pemerintah agar lulusan perguruan tinggai lebih mudah terserap dunia kerja adalah merevitalisasi pendidikan D3 menjadi sarjana terapan.

Kemudian dalam menghadapi era globalisasi saat ini sebenarnya semua tamatan perguruan tinggi punya akses untuk bekerja di luar negara sendiri.

"Akan tetapi untuk bisa bersaing kemampuan berkomunikasi harus ditingkatkan serta penguasaan teknologi digital," kata dia.

Ia menyampaikan selain upaya tersebut dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa pihaknya mendirikan lembaga sertifikasi profesi di bawah naungan Badan Seleksi Nasional Profesi.

" Selain itu kami membekali dengan jiwa kewirausahaan dan merevisi kurikulum menyesuaikan dengan kebutuhan era industri 4.0, kata dia.

Pada wisuda I 2019 Unand meluluskan 1.079 mahasiswa untuk jejang S1 dan D3 serta 441 orang untuk magister, doktor, spesialis dan profesi dengan total alumni telah mencapai 126 ribu orang.

Kepada wisudawan ia mengingatkan jangan pernah berhenti belajar dan meningkatkan keahlian di bidang komunikasi dan teknologi.