Pemkab Agam akan lelang 110 paket pekerjaan senilai Rp189,3 miliar

id Azizi Fauzi

Pemkab Agam akan lelang 110 paket pekerjaan senilai Rp189,3 miliar

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Agam, Azizi Fauzi. (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, akan melelang 110 paket pekerjaan dengan dana Rp189,3 miliar menggunakan Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) selama 2019.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Agam, Azizi Fauzi di Lubukbasung, Sabtu, mengatakan ke 110 paket pekerjaan itu terdiri dari jalan, jembatan, air bersih, drainase, penataan ruang taman hijau, pembangunan gedung kantor dan lainnya.

"Paket pekerjaan itu berasal dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam, Dinas Pertanian Agam dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan nilai kontrak paling kecil sebesar Rp250 juta untuk lanjutan pembangunan jalan di Cingkariang, Kecamatan Banuhampu.

Sementara nilai kontrak paling besar Rp26 miliar untuk pembangunan jalan beberapa ruas yang tersebar di 16 kecamatan.

Saat ini, tambahnya, 36 dari 110 paket pekerjaan sedang proses tender dengan anggaran Rp121 miliar atau sekitar 32,7 persen.

Dari 36 paket pekerjaan sedang proses lelang, satu paket sudah selesai tender berupa belanja jasa pelayanan cleaning service dengan dana Rp490 juta.

"Diperkirakan dalam waktu dekat 35 paket pekerjaan sudah diumumkan pemenangnya," tegasnya.

Ia mengakui, proses lelang pekerjaan itu terjadi keterlambatan dari tahun sebelumnya. Ini disebabkan karena dokumen proses lelang yang diatur pada Peraruran Pemerintah No 16 tahun 2018 tentang dokumen pelelangan belum ada.

Dengan kondisi itu, proses lelang di LPSE terjadi keterlambatan sehingga lelang dimulai pada 31 Januari 2019.

"Pada 2018 proses lelang dimulai pada Desember 2017, sehingga seluruh paket pekerjaan selesai di lelang pada awal 2018," katanya. (*)