Payakumbuh targetkan jadi pemasok bibit ikan untuk Sumbar

id pemasok,bibit,ikan,payakumbuh

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh, Depi Sastra di Payakumbuh (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh menargetkan pengembangan bibit ikan mampu memenuhi pasokan bibit ikan untuk Sumatera Barat.

"Tiga jenis bibit ikan yang dinilai cocok dengan kondisi Kota Payakumbuh adalah budidaya bibit lele, ikan mas, dan ikan nila," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Payakumbuh, Depi Sastra di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan sejauh ini perkembangan pembibitan ikan berkembang cukup pesat sehingga ia optimistis Payakumbuh akan mampu menjadi pemasok utama bibit ikan di Sumatera Barat.

"Perikanan cukup berkembang di lahan kolam, pembinaan yang kami lakukan adalah dengan lahan terbatas, targetnya jadi pusat pembibitan untuk memasok bibit ikan ke seluruh Sumbar," katanya

Ia mengatakan pembibitan benih di Payakumbuh lebih menjanjikan daripada budidaya ikan karena pembibitan tidak memerlukan lahan yang terlalu luas.

Menurutnya pelaku usaha bibit benih ikan tinggal mengasah kejelian cara melihat bibit yang baik ataupun yang kurang baik untuk dikembangkan.

"Dari situ kami selalu memberikan pembinaan dan pelatihan terkait cara-cara memilih bibit ikan yang baik," ujarnya.

Upaya pengembangan budidaya bibit ikan semakin terbantu setelah diserahkannya pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Padang Tinggi kepada Pemerintah Kota Payakumbuh dari provinsi.

"Jadi saat ini kita memiliki dua UPTD sentra pembibitan ikan, yaitu UPTD Padang Tinggi, Payakumbuh Barat, dan UPTD Bodi Payakumbuh Timur. " lanjutnya.

Untuk mencapai target sebagai daerah pemasok biibt ikan untuk wilayah Sumbar, para pengusaha bibit ikan di Payakumbuh didorong untuk meningkatkan kualitas bibit ikan.

"kualitas adalah hal utama dalam budidaya bibit ikan ini," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar