KPU Solok Selatan susun strategi sosialisasi jangkau masyarakat pinggiran

id KPU Solok Selatan,Soslialisasi Pemilu,Pemilu Serentak

KPU Solok Selatan susun strategi sosialisasi jangkau masyarakat pinggiran

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Solok Selatan Fidel Efendi (dua kanan) menyampaikan saran kepada KPU Solok Selatan terkait Pemilu. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menyusun strategi agar sosialisasi Pemilu bisa menjangkau masyarakat pinggiran atau kurang akses informasi.

"Ada daerah di Solok Selatan yang jauh informasi seperti Tandai, Lubuk Ulang Aling. Kami kini sedang disusun strategi seperti bentuk kegiatan yang bisa dilakukan untuk sosialisasi Pemilu," kata Ketua KPU Kabupaten itu Nila Puspita, usai rapat tim koordinasi dan pemantauan perkembangan politik daerah dalam Pemilu 2019 di Padang Aro, Jumat.

Dia mengatakan segala masukan dari unsur yang hadir saat rapat koordinasi sangat bagus supaya Pemilu berjalan lancar.

Untuk itu, katanya, KPU mempersiapkan strategi yang tepat agar sosialisasi Pemilu ini sampai ke semua lapisan masyarakat.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Solok Selatan Fidel Efendi mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara dan mana yang akan dicoblos pada saat Pemilu.

"Kami berharap KPU lebih intens lagi dalam sosialisasi tentang pemilu agar masyarakat mengerti dan tahu tentang Pemilu," ujarnya.

Ia menyarankan agar KPU lebih kreatif lagi membuat sesuatu yang meanarik agar masyarakat datang ke TPS menyalurkan hak suaranya.

Sebagai contoh, katanya, ada daerah yang mengundang orgen tunggal atau menampilkan pakaian tradisional sehingga menarik minat masyarakat untuk datang ke TPS.

Menurut dia, kesuksesan Pemilu tidak hanya tergantung pada KPU tetapi juga unsur lain seperti keamanan oleh kepolisian.

Selain itu juga pemerintah daerah juga membantu memberikan sosialisasi pemilu damai kepada masyarakat.

Dia berharap, pemilu khususnya di Solok Selatan berjalan lancar dan aman dan partisipasi pemilih bisa tinggi.

Selain itu ia mengimbau, masyarakat ramai-ramai datang ke TPS pada 17 April 2019 untuk memberikan hak suaranya.

Untuk pihak Bawaslu katanya, diharapkan melakukan pengawasan terhadap APK yang dipasang para peserta Pemilu jangan ada yang menyalahi aturan. (*)