Wapres : industri dan pariwisata percepat pertumbuhan ekonomi

id Wapres Jusuf Kalla,Rakernas APPSI,Pertumbuhan Pariwisata

Wapres : industri dan pariwisata percepat pertumbuhan ekonomi

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO/AACC2015/Fanny Octavianus)

Bekerja di sektor industri dengan gaji sesuai Upah Minimum Regional (UMR) sekitar Rp2,2 juta masih lebih baik dari pada penghasilan petani yang hanya sekitar Rp 1 juta per bulan
Padang, (Antaranews Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut percepatan pertumbuhan ekonomi di daerah bisa dilakukan dengan mendorong dua sektor utama yaitu industri dan pariwisata.

"Bekerja di sektor industri dengan gaji sesuai Upah Minimum Regional (UMR) sekitar Rp2,2 juta masih lebih baik dari pada penghasilan petani yang hanya sekitar Rp 1 juta per bulan," katanya di Padang, Kamis.

Wapres mengatakan itu dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Padang.

Agar industri itu bisa berkembang dengan baik, Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah harus ditingkatkan dengan berbagai cara oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat dan provinsi.

Memang harus diakui tidak semua daerah cocok untuk industri, tetapi kemungkinan bisa ditumbuhkan menjadi daerah penyangga bagi bahan baku, karena industri pasti butuh bahan baku.

Sementara daerah lain mungkin bisa mengembangkan pariwisata yang juga bisa memberikan percepatan pertumbuhan ekonomi bagi daerah.

Untuk sektor ini perlu disiapkan kematangan masyarakat dalam menerima kunjungan dari wisatawan. Keramah-tamahan harus dikedepankan demikian juga perilaku bersih juga tata ruang daerah sebagai penunjang pariwisata.

Beberapa daerah seperti Sumatera Barat merupakan contoh yang susah tumbuh industri, tetapi bisa mengembangkan pariwisata karena punya potensi untuk itu.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan potensi pariwisata daerah itu lengkap mulai dari laut, lembah, perbukitan hingga gunung merapi. Juga dilengkapi seni budaya memukau serta kuliner yang lezat.

Pengembangan sektor itu terus didorong diantaranya dengan menciptakan even-even pariwisata yang berkelas dunia dan bisa menarik wisatawan juga pembenahan destinasi-destinasi wisata yang ada.(*)