Pesisir Selatan bagikan 2.000 sertifikat tanah program PTSL

id Sertifikat prona

Pesisir Selatan bagikan 2.000 sertifikat tanah program PTSL

Sertifikat. (ANTARA)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan membagikan 2.000 persil sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kecamatan Batang Kapas, pasa Kamis (21/2).

"Sertifikat yang dibagikan merupakan hasil dari program PTSL 2018 yang diselenggarakan di kecamatan setempat," kata Ketua Tim PTSL Kantor Pertanahan setempat, Aguslim di Painan, Selasa.

Pembagian sertifikat gratis, tambahnya, akan dihadiri oleh Bupati Pesisir Selatan, pejabat Badan Pertanahan Wilayah Sumatera Barat dan lainnya.

"Kegiatan ini juga sekaligus memperkuat sosialasi kepada masyarakat umum sehingga program PTSL berikutnya mendapat sambutan baik dari masyarakat," katanya lagi.

Menurutnya, program PTSL memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah miliknya.

Selain gratis, melalui program ini masyarakat juga tidak mesti mendatangi Kantor Badan Pertanahan ataupun menghubungi petugas yang ditunjuk seperti ahli ukur dan lainnya.

Meski demikian dalam pelaksanaannya masih saja terdapat kendala terutama dalam menyiapkan alas hak tanah sebagai persyaratan dalam membuat sertifikat tanah.

"Kendalanya macam-macam, sehingga sosialiasi mengenai PTSL perlu ditingkatkan," katanya lagi.

Ia menyebut, tahun ini kuota penerbitan sertifikat tanah melalui program PTSL di daerah setempat jauh lebih banyak dibanding tahun lalu yang mencapai 10.600 lembar, sementara 2018 hanya 4.650 lembar.

Dari jumlah itu 5.150 lembar diterbitkan di Kecamatan Lengayang, 5.000 di Kecamatan Linggo Sari Baganti dan sisanya sebanyak 450 lembar di Kecamatan Sutera. (*)