Target pendapatan Samsat Padang Rp753,9 miliar pada 2019

id Kepala samsat

Target pendapatan Samsat Padang Rp753,9 miliar pada 2019

Kepala Samsat Padang, Hidayat. (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Samsat Padang dibebani target memperoleh pendapatan sebesar Rp753,9 miliar pada 2019 atau naik dari 2018 yang hanya Rp673 miliar.

"Kondisi ekonomi relatif masih stabil. Harapan kita pajak pembelian kendaraan bermotor baru dan balik nama kendaraan bermotor tetap tinggi sehingga target tercapai," Kepala UPTD Samsat Padang, Hidayat di Padang, Selasa.

Sebagai gambaran menurutnya capaian pada Januari 2019 bisa terealisasi melebihi target. Diharapkan capaian itu berlanjut hingga Desember.

Data UPTD Samsat Padang pada Januari, penerimaan pajak mencapai 101 persen dengan angka, Rp71,9 miliar Sedangkan target Januari 2019 ditargetkan Rp65,8 miliar.

Agar capaian bisa selalu memenuhi target Samsat Padang terus melakukan inovasi dalam pelayanan sehingga masyarakat tidak merasa kesulitan saat membayar.

Salah satu bentuk layanan dukungan baru itu yakni, samsat keliling malam hari (Samsat Night). Kendaraan Samsat Keliling juga berpindah-pindah lokasi, seperti di Transmart Padang dan sejumlah lokasi lainnya memiliki banyak aktifitas.

"Inovasi ini akan kita lakukan dalam waktu dekat. Kita sedang rancang jadwal dan sistemnya," ujar Hidayat.

Dengan adanya Samsat Night tersebut akan membantu wajib pajak tepat waktu menunaikan kewajibannya. Jika ada kesibukan siang hari, makan dapat dilakukan malam hari.

Samsat Padang juga sedang mempersiapkan layanan pajak sistem online, bekerjasama dengan sejumlah bank. Ke depan pembayaran pajak dapat dilakukan melalui online atau anjungan tunai mandiri (ATM).

"Kita akan tetap berinovasi bagaimana layanan pajak ini lebih maksimal dan efisien,"ujarnya.

Pajak kendaraan bermotor merupakan pendapatan utama Pemprov Sumatera Barat, meliputi sekitar 60 persen dari total pendapatan daerah. (*)