Payakumbuh segera ekspor rendang dalam jumlah banyak ke Arab Saudi

id rendang,arab,saudi,payakumbuh,ekspor rendang

Payakumbuh segera ekspor rendang dalam jumlah banyak ke Arab Saudi

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, memastikan ekspor rendang secara massal pada Mei 2019 setelah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pengusaha asal Arab Saudi.

"Insha Allah Mei kita akan melakukan pengiriman perdana kuliner rendang dalam bentuk kalio atau duapertiga matang ke Arab Saudi," kata Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz di Payakumbuh, Senin.

Ia mengatakan pengiriman untuk tahapan pertama ini sebanyak satu kontainer atau sekitar 20 ton bumbu.

"Penyediaan daging dari Arab Saudi karena perizinan untuk suplai daging langsung dari luar Saudi butuh birokrasi yang panjang di sana," ujarnya.

Pemerintah Payakumbuh saat ini dalam proses menyiapkan semua perizinan di Arab Saudi untuk pemasaran rendang.

Untuk menyuplai rendang secara massal ke luar negeri, Pemkot Payakumbuh telah menyiapkan koperasi khusus pelaku usaha rendang di daerah itu.

"Tinggal kita mengawal agar pengusaha mengakomodir semua rendang yang ada di koperasi," katanya.

Selain itu untuk peningkatan jumlah pengusaha rendang, pemerintah setempat telah mempermudah urusan perizinan di Balai POM. "Balai POM sudah ada di Payakumbuh sehingga tidak perlu ke Padang," ujarnya.

Sementara itu Payakumbuh juga tengah menunggu serah terima mesin peretus, mesin pengawet rendang untuk ketahanan dan kebersihan rendang.

Dengan ekspor rendang tersebut, Erwin mengatakan akan sangat besar berdampak terhadap ekonomi masyarakat.

"Empat butir kelapa per kilo berarti dibutuhkan 80 ribu butir kelapa untuk pengiriman perdana ini begitu juga kebutuhan cabe, bawang," ujarnya.

Menurutnya sektor pertanian akan hidup dan peningkatan perekonomian akan signifikan serta membuka lapangan kerja baru.(*)