Tiga tahun kepemimpinan Irdinansyah-Zuldafri, komit tingkatkan perekonomian masyarakat

id Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Dharma

Tiga tahun kepemimpinan Irdinansyah-Zuldafri, komit tingkatkan perekonomian masyarakat

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Dharma saat memberikan sambutan pada halaqah syukuran tiga tahun kepemimpinan mereka di Batusangkar, Minggu (17/2). (Antara Sumbar/Etri Saputra)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat agar angka kemiskinan dan ketimpangan terus berkurang di daerah itu.

"Untuk komitmen ini seluruh OPD di lingkungan pemkab Tanah Datar dilibatkan sesuai peran masing-masing," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi pada halaqah syukuran tiga tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Zuldafri Dharma di Batusangkar, Minggu.

Ia mengatakan pada tiga tahun lalu atau awal kepemimpinannya, pertumbuhan ekonomi Tanah Datar hanya 5,01 persen dan menajdi kabupaten terendah dalam pertumbuhan ekonomi bersama dengan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Melihat kondisi itu pemerintah daerah bersama OPD terus mencari cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan pengelolaan potensi daerah menjadi prioritas seperti bidang pendidikan, pertanian, pariwisata dan UMKM.

"Peningkatan ekonomi masyarakat tidak terlepas dari empat aspek tersebut, dan kami menargetkan pertumbuhan ekonomi Tanah Datar naik menjadi 5,30 persen," kataya.

Tiga tahun kepemimpinannya berbagai upaya sudah dilakukan dalam menanggulangi kemiskinan. Salah satunya program bedah rumah melalui Dinas Sosial dengan merehab Rumah Tidak Layah Huni (RTLH).

Selain itu meningkatkan produksi padi dengan sistem padi salibu melalui kelompok tani yang dikembangkang Dinas Pertanian dan meningkatkan kunjungan di sektor pariwisata.

Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Dharma mengatakan beberapa prestasi telah diraih pemerintah daerah dalam tiga tahun ini karena kerja keras dan usaha dari seluruh OPD di lingkuangan Pemkab Tanah Datar.

Ia berharap sinegritas antara kepala daerah dan seluruh OPD terus berjalan baik sehingga target yang rencanakan dapat terealisasikan.

Perayan tiga tahun kepemimpinan Irdinansyah-Zuldafri menjadi spesial karena dihadiri seluruh OPD dan duduk berhalaqah dengan anak yatim serta rumah tahfidz yang ada di daerah itu.

"Sebelumnya perayaan satu tahun dan dua tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar hanya dirayakan bersama keluarga dan tim khusus saja, tapi sekarang semua perangkat daerah kabupaten bisa hadir bersama," ujarnya. (*)