Produksi Padi Payakumbuh mencapai 42 Ribu Ton

id produksi,padi,pangan,payakumbuh

Produksi Padi Payakumbuh mencapai 42 Ribu Ton

Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Depi Sastra, di Payakumbuh (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) – Produksi padi di Kota Payakumbuh Sumatera Barat mencapai sekitar 42 ribu ton setiap tahun.

"Produksi padi 43 ribu ton itu cukup seimbang dengan jumlah penduduk sebanyak 136.901 jiwa," kata Kepala Dinas Pertanian Kota Payakumbuh, Depi Sastra, di Payakumbuh, Jumat.

IaIa mengatakan untuk peningkatan produksi bahan pokok tersebut Dinas Pertanian merancang program upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai (pajale)

"Ini termasuk program nasional untuk memaksimalkan produksi pangan di Payakumbuh," ujarnya.

Payakumbuh, katanya untuk tanaman pangan fokus kepada Padi dan Jagung.

"Karena kedelai tidak sesuai dengan daerah kita, makanya kami fokus terhadap padi dan jagung,” ujarnya.

Selain itu Pemerintah Kota Payakumbuh juga tetap berupaya untuk mempertahankan lahan pertanian produktif untuk dipertahankan agar tidak beralih fungsi.

"Sebagai daerah perkotaan, kebijakan pemerintah daerah menetapkan lahan pertanian produktif tidak bisa dimutasikan," katanya.

Ia mengatakan lahan pertanian sawah yang bisa dialihkan fungsikan adalah sawah-sawah tadah hujan atau yang tidak lagi produktif.

“Kalau untuk sawah yang irigasi teknis tetap kita pertahankan, kita punya kebijakan untuk lahan irigasi tetap dipertahankan dengan melahirkan suatu program kegiatan lahan pangan berkelanjutan,” jelasnya. (*)