KPU Solok Selatan rancang pentas seni tingkatkan partisipasi pemilih milenial

id Nila Puspita

KPU Solok Selatan rancang pentas seni tingkatkan partisipasi pemilih milenial

Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, merancang pentas seni sebagai sarana sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 terutama menggaet generasi milenial.

"Pentas seni ini seperti penampilan group band dimana mereka akan berlomba membawakan lagu jinggel Pemilu dan lagu ciptaan sendiri dengan sasaran generasi milenial," kata Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita di Padang Aro, Jumat.

Pentas seni ini katanya, bertujuan menarik minat pemilih terutama generasi milenial untuk menyalurkan hak pilihnya.

KPU juga akan mempersiapkan berbagai hadiah bagi pemenang lomba seni ini sehingga lebih menarik lagi.

Untuk menarik minat masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan, anggota KPPS akan mengenakan pakaian adat dan lomba selfie di TPS.

"Sekarang lagi trend selfie jadi masyarakat bisa memanfaatkan lomba selfie ini dan dishare di media sosial masing-masing dan pemenangnya nanti juga akan diberi hadiah," katanya.

Dia berharap dengan berbagai upaya yang dulakukan nantinya, bisa menarik minat masyarakat untuk datang ke TPS dan memberikan hak pilihnya.

Partisipasi pemilih pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 di Kabupaten Solok Selatan hanya 65,48 persen, namun masih menempati posisi kedua tertinggi di Sumbar.

Pada Pilpres 2014 sebanyak 112.531 pemilih yang terdaftar di Solok Selatan, dan menggunakan hak suaranya hanya sebanyak 73.683 pemilih.

Dari 73.683 tersebut yang tercatat sebagai suara sah sebanyak 73.168 dan tidak sah hanya 515 suara.

Pemilu 2019 yang digelar pada 17 April dilakukan serentak untuk memilih calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan pemilihan presiden.

Daftar pemilihan tetap tambahan (DPTTb) dua di Solok Selatan untuk pemilu 2019 berjumlah114.161 pemilih. Saat ini KPU tengah menyusun daftar pemilih khusus dan daftar pemilih tambahan (DPTb).

Sebagian logistik pemilu dari KPU RI telah tiba di Solok Selatan mulai dari perlengkapan pencoblosan hingga kotak suara, bilik suara, dan surat suara.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan perakitan masih ditemukan kekurangan logistik pemilu yang telah dikirim, seperti kotak suara masih kurang 243 buah dari kebutuhan 2.990 dan bilik suara 608 dari kebutuhan 2.392.

Sementara untuk surat suara yang belum datang adalah surat suara pemilihan DPD RI. Setiap kategori jumlah surat suara 116.445 lembar.

Saat ini KPU masih dalam proses perakitan kotak suara untuk daerah pemilihan tiga dengan jumlah kebutuhan 1.320 unit.

Untuk daerah pemilihan satu yang berjumlah 815 kotak suara dan daerah pemilihan dua yang berjumlah 855 kotak suara telah selesai dirakit.

Selain itu, formulir yang pengadaannya di KPU provinsi juga belum datang. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar