Pesisir Selatan akan bangun rumah sakit umum ketiga di Lengayang

id Hendrajoni

Pesisir Selatan akan bangun rumah sakit umum ketiga di Lengayang

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan membangun rumah sakit umum ketiga sebagai upaya memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada masyarakat.

"Saat ini Pesisir Selatan telah memiliki dua rumah sakit umum, satu di Painan dan satunya lagi di Tapan, tahun ini kami berencana membangun rumah sakit umum yang ketiga di Kecamatan Lengayang," kata Bupati setempat, Hendrajoni di Painan, Jumat.

Ia menambahkan, rumah sakit umum yang akan dibangun di Lengayang didirikan di Bukit Kayu Kalek di lahan seluas empat hektare.

"Lahan tersebut sudah disurvei dan dinyatakan layak, tahun ini akan digelontorkan anggaran untuk menyiapkan areal karena kondisinya tidak rata," ujarnya.

Selanjutnya setelah selesai segera disiapkan proposal pengajuan anggaran pembangunan rumah sakit ke pemerintah pusat.

"Sejauh ini kami memang belum menghitung besaran biaya yang dibutuhkan, naamun setelah penyiapan areal selesai baru biaya yang dibutuhkan dihitung," sebutnya.

Jika pembangunan rumah sakit itu selesai maka masyarakat di empat kecamatan yakni Lengayang, Sutera, Ranah Pesisir dan Linggo Sari Baganti tidak perlu lagi jauh-jauh untuk mendapat pelayanan kesehatan seperti harus ke Painan atau ke Tapan.

"Saat ini masyarakat di empat kecamatan kalau tidak ke Tapan ke Painan, padahal jaraknya lumayan bisa berkendara dua jam lebih," katanya.

Selain itu dengan posisi rumah sakit yang berada di ketinggian, maka akan meminimalkan risiko apabila daerah setempat sewaktu-waktu dihantam tsunami.

"Siapapun pasti tidak ingin dan selalu berdoa agar tsunami tidak melanda daerah ini, namun demikian karena Pesisir Selatan menghadap ke Kepulauan Mentawai dan Samudera Hindia tidak ada salahnya perlu antisipasi, salah satunya mendirikan rumah sakit di ketinggian," katanya. (*)