Tingkatkan partisipasi pemilih pemula, KPU Padang Pariaman datangi SMA

id Zulnaidi

Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaidi. (Antara Sumbar/Aadiat MS)

Parit Malintang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, terus menggencarkan sosialisasi tentang Pemilihan Umum (Pemilu) kepada pemilih pemula di SMA dan perguruan tinggi di daerah itu.

"Kami telah menyosialisasikan di lebih 35 kegiatan yang mana sebagian besar kegiatannya di SMA," kata Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaidi di Parit Malintang, Kamis.

Ia menyebutkan sosialisasi di SMA yang dilaksanakan oleh KPU Padang Pariaman pada saat upacara bendera dan kegiatan keagamaan.

Sosialisasi ini karena lebih 30 persen dari 282.851 daftar pemilih tetap di Padang Pariaman berasal dari pemilih pemula.

Sosialisasi terhadap pemilih pemula ini karena golongan pemilih itu tidak saja target pemilu, namun juga untuk demokrasi.

"Jadi pemilih pemula itu target pontensial demokrasi, makanya kami menargetkan partisipasi pemilu dari pemilih pemula 100 persen," katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya telah selesai merakit 1.359 kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019 dan yang distribusikan pada 10 hari sebelum 17 April.

"Distribusi kotak suara disalurkan dengan cara berjenjang hingga ke tempat pemungutan suara," ujarnya.

Lokasi terjauh distribusi kotak dan logistik pemilu di daerah itu yaitu di Kecamatan IV Koto Aur Malintang dengan jarak tempuh sekitar 50 kilometer dari Kantor KPU Padang Pariaman.

Pihaknya sudah menyusun strategi pendistribusian logistik pemilu agar sebelum pemilihan perlengkapan pemilihan telah sampai ke seluruh daerah di Padang Pariaman.

"Setidaknya satu hari sebelum pemilihan logistik pemilu sudah tersalurkan," tambahnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar