KPU Solok Selatan segera distribusikan logistik pemilu jika sudah lengkap

id KPU Solok Selatan,Distribusi Logistik Pemilu,Logistik Pemilu,Pemilu 2019

Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita. (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mendistribusikan logistik pemilu 2019 setelah lengkap dan dikemas di daerah itu.

"Kami distribusikan jika semua telah lengkap," ujar Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita saat dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia menyebutkan sebagian logistik pemilu dari KPU RI telah tiba di Solok Selatan mulai dari perlengkapan pencoblosan hingga kotak suara, bilik suara, dan surat suara.

Kendati demikian, setelah dilakukan pemeriksaan dan perakitan masih ditemukan kekurangan logistik pemilu yang telah dikirim, seperti kotak suara masih kurang 243 buah dari kebutuhan 2.990 dan bilik suara 608 dari kebutuhan 2.392.

Sementara untuk surat suara yang belum datang adalah surat suara pemilihan DPD RI. Setiap kategori jumlah surat suara 116.445 lembar.

"Pelipatan surat suara masih menunggu petunjuk dari KPU RI," ujarnya.

Saat ini, imbuhnya masih dalam proses perakitan kotak suara untuk daerah pemilihan tiga dengan jumlah kebutuhan 1.320 unit.

"Untuk daerah pemilihan satu yang berjumlah 815 kotak suara dan daerah pemilihan dua yang berjumlah 855 kotak suara telah selesai dirakit," ujarnya.

Selain itu, formulir yang pengadaannya di KPU provinsi juga belum datang.

Dalam pendistribusian logistik, imbuhnya, didahulukan untuk daerah yang sulit dijangkau, seperti nagari Lubuk Ulang Aling Induk, Lubuk Ulang Aling Tengah, Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batanghari.

"Untuk menjangkau ketiga nagari di Sangir Batanghari itu selain menyusuri Sungai Batanghari, juga harus memutar melalui Dharmasraya," jelasnya.

Kemudian di daerah Tandai, Kecamatan Sangir dan daerah Talao, yang berada di kawasan perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Selain kondisi jalan, cuaca juga bakal menjadi rintangan dalam pendistribusian logistik di daerah sulit tersebut.

Selama proses pendistribusian logistik pemilu, imbuhnya pihaknya akan melibatkan pihak kepolisian, TNI, Bawaslu dan pemerintah daerah untuk menjamin keamanan dan kelancarannya.

"Ini juga penjagaan logistik sebelum disalurkan ke tempat pemungutan suara," ujarnya.

Pemilu 2019 yang digelar pada 17 April dilakukan serentak untuk memilih calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan pemilihan presiden.

Daftar pemilihan tetap tambahan (DPTTb) dua di Solok Selatan untuk pemilu 2019 berjumlah114.161 pemilih. Saat ini KPU tengah menyusun daftar pemilih khusus dan daftar pemilih tambahan (DPTb). (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar