400 pelajar SMP ikuti tes panduan bakat olahraga

id Berolahraga

Ilustrasi - Sejumlah pelajar berolahraga antarasumbar/Wahdi Septiawan/14

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 400 pelajar tingkat SMP di Padang Panjang, mengikuti tes panduan bakat olahraga untuk mengetahui potensi yang dimiliki pelajar di bidang itu.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga di 25 kabupaten dan kota di Indonesia selama 2019. Di Padang Panjang, tes dilaksanakan pada 13-16 Februari 2019.

Perwakilan Instruktur Pusat Pemanduan Bakat Kemenpora, Islahuzzaman di Padang Panjang, Kamis, mengatakan setelah melakukan tes dan potensi bakat diketahui, hasilnya akan disampaikan kepada pemerintah daerah.

"Pemerintah daerah diharap menidaklanjuti melalui dinas yang terkait agar anak-anak dapat dibina dengan baik dan bakatnya tidak sia-sia," ujarnya.

Kepala Bidang Olahraga Disdikpora Padang Panjang, Trinov memberikan apresiasi atas langkah Kemenpora melakukan tes panduan bakat olahraga di daerah itu.

Ia mengatakan pemerintah siap menindaklanjuti hasil dari tes tersebut apalagi pada 2020 mendatang Padang Panjang akan menjadi tuan rumah pekan olahraga di Sumbar atau Porprov sehingga perlu bersiap sesegera mungkin.

"Harapan ke depan, olahraga bisa berdiri sendiri jadi bisa lebih fokus mengurus kepemudaan dan olahraga," ujarnya.

Pelajar SMP yang mengikuti tes panduan bakat olahraga berumur 12 sampai 14 tahun.

Terdapat 10 komponen dalam tes yang diadakan tersebut yaitu tinggi badan, tinggi duduk, berat badan, rentang kedua lengan, lempar-tangkap bola tenis, lempar bola basket, loncat tegak, lari kelincahan, lari cepat 40 meter dan lari multitahap.(*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar