Wabup : pembangunan nagari harus diiringi peningkatan sumber daya manusia

id Pembangunan manusia,Pembangunan tanah datar,Musrenbang tanah datar

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma. (Dokumentasi Humas Setda Tanah Datar)

Batusangkar,(Antaranews Sumbar) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Zuldafri Darma, menyampaikan pembangunan di nagari harus diiringi dengan pembangunan sumber daya manusia karena bisa menyokong kemajuan pembangunan di daerah itu.

"Usulan nagari yang disampaikan melalui kegiatan musrenbang tidak harus terfokus pada pembangunan fisik saja, namun harus diseimbangkan dengan non fisik," katanyadi Batusangkar, Kamis.

Ia mengatakan pembangunan fisik memang dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat, namun pembangunan non fisik seperti pemberdayaan di masyarakat juga harus dikedepankan.

Seperti halnya peningkatan sumber daya masyarakat di tingkat nagari, peningkatan pemahaman tentang adat, agama, dan budaya bagi generasi muda, serta peningkatan pengetahuan dikalangan pengusaha UMKM.

"Karena secara tidak langsung jika sumber daya masyarakat sudah dibangun akan berdampak positif bagi masyarakat di daerah itu," katanya

Ia mengatakan anggaran belanja pemkab Tanah Datar yang terbatas juga tidak mungkin mampu untuk menampung semua usulan yang diajukan pemerintah nagari melalui acara Musrembang.

Andaikan anggaran belanja Tanah Datar hanya sebesar Rp1,4 triliun, lanjutnya, uang tersebut akan dikurangi belanja pegawai daerah, belanja hibah bansos, bantuan tidak terduga, barang dan jasa, dan bantuan keuangan.

"Kemudian sisanya hanya tinggal 15 sampai 20 persen saja, atau sebesar Rp255 miliar. Dana itulah yang kemudian dibagikan pada 75 nagari dan 395 jorong yang ada di Tanah Datar," katanya.

Dengan dana sebesar itu dipastikan tidak akan bisa untuk menampung semua kegiatan yang diusulkan. Oleh karenanya, usulan yang diterima pemkab Tanah Datar hanya yang sesuai dengan RPJMD saja. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar