Lomba drum band uji kemampuan dan perkokoh rasa persatuan sejak dini

id lomba

Lomba drum band uji kemampuan dan perkokoh rasa persatuan sejak dini

Ratusan murid Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung mengikuti lomba drum band dalam rangkaian hari jadi kabupaten ke-70. (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung Ramler mengatakan digelarnya lomba drum band tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung diharapkan dapat memperkokoh rasa persatuan sejak dini.

Hal ini diungkapkan Kadis Dikbud Sijunjung, saat membuka kegiatan lomba drum band tingkat SD se-kabupaten di lapangan M.Yamin Muaro Sijunjung, Rabu.

Ia mengatakan, patut bergembira dengan dilaksanakannya kegiatan ini karena selain bertanding juga merupakan ajang silaturrahmi yang dapat memperkokoh rasa rasa persatuan.

Selain itu, diharapkan dapat meningkatkan rasa persaudaraan, kebersamaan serta semangat kepedulian sejak dini.

"Saya mengajak ananda semuanya agar berkarya dan berjuang lebih keras untuk menjadi siswa yang punya semangat kompetisi kuat, kreatif, inovatif, efektif melalui sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintekrasi," imbaunya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan dan berharap kegiatan ini dilaksanakan dengan profesional.

Kemudian kepada dewan juri untuk selalu menegakkan kebenaran, keadilan serta tidak memihak kesatu kelompok tertentu tertentu.

"Para peserta, saya ucapkan selamat bertanding dan harus siap menang dan siap kalah, sehingga kegiatan ini dapat menjaga nilai-nilai sportifitas," ujarnya.

Kepala Seksi Kesiswaan SD Disbud Sijunjung Abdul Gafar Indra menambahkan kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang seni.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam hal seni yang sangat bagus untuk perkembangan otak dan melatih disiplin serta kerja sama tim dan mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa pada kehidupan sehari-hari serta dapat memupuk jiwa nasionalisme siswa.

Sedangkan peserta dari kegiatan ini merupakan siswa sekolah dasar se- Kabupaten Sijunjung yaitu sebanyak 18 tim yang merupakan utusan dari tiap-tiap kecamatan.