Kapolres Payakumbuh ingatkan jajarannya jaga netralitas dalam pemilu

id polres,AKBP Endrastiawan Setyowibowo,payakumbuh,pemilu

Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastiawan Setyowibowo (sumbar.antaranews.com/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Kapolres Payakumbuh AKBP Endrastiawan Setyowibowo mengingatkan jajarannya untuk menjaga netralitas Polri dalam tahapan pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

"Kita imbau agar tidak melakukan tindakan yang bisa menimbulkan persepsi negatif di tengah masyarakat, polisi harus menjaga netralitas dalam pesta demokrasi nanti," katanya di Payakumbuh, Selasa.

Menurutnya, personel kepolisian di bawah jajaran Polres Payakumbuh harus bersikap arif dengan menghindari prilaku yang bisa dipolitisir untuk kepentingan pihak-pihak tertentu.

"Kita imbau anggota Polri agar menahan diri untuk tidak menggunakan simbol-simbol capres atau caleg saat berfoto ataupun dalam melaksanakan kegiatan di tengah-tengah masyarkat," katanya.

Menurutnya netralitas Polri sangat diperlukan demi kelancaran dalam masa kampanye sampai dengan Pemilu nanti.

"Yang berbau-bau ke arah sana (politik) yang nanti nanti bisa dipolitisir kita sementara menahan diri dulu," ujarnya.

Dia menegaskan apabila ada oknum Polres Payakumbuh yang tidak bersikap netral, pihaknya tidak akan pandang bulu dalam melakukan penindakan.

"Aturan-aturan kita sudah jelas, sudah ada aturan, sudah punya undang-undang. Apabila ditemukan kita akan proses, tidak ada kecuali karena kita bertugas mengawal dengan baik," tegasnya.

AKBP Endrasetiawan menerangkan tugas utama jajaran kepolisian adalah menjaga situasi kampanye sampai dengan pemilihan nanti tetap kondusif.

"Karena kalau kita tidak mengawal dengan baik, repot juga untuk kita nantinya," kata(*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar