Pemkab Tanah Datar atasi DBD dengan program Jumat bersih

id Irdinansyah Tarmizi

Pemkab Tanah Datar atasi DBD dengan program Jumat bersih

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi. (Antara Sumbar/ist)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat melakukan pencegahan Demam Berdarah Dongue (DBD) di daerah setempat dengan program Jumat bersih.

"Program ini dengan cara bergotong royong membersihkan tempat-tempat bersarangnya jentik nyamuk yang dilakukan setiap hari Jumat di sekolah, tempat ibadah, dan fasilitas umum," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Selasa.

Ia mengatakan program ini juga melibatkan Dinas Kesehatan yang pada saat kegiatan terlibat langsung melakukan sosialisasi cara pencegahan DBD ke masyarakat.

Melalui kegiatan ini diharapkan upaya pencegahan lebih maksimal sehingga kasus DBD di Tanah Datar dapat ditekan

Sementara itu Kasi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan Tanah Datar, Roza menyampaikan pihaknya akan terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran penyakit DBD melalui sosialisasi.

Dinas Kesehatan akan membentuk tim pemantau jentik nyamuk DBD di setiap wilayah dengan bekerja sama dengan puskesmas di setiap kecamatan.

Akan ada petugas dan kader yang mengunjungi setiap rumah di Tanah Datar untuk memantau jentik nyamuk, memeriksa pekarangan, bak mandi kemudian melaporkannya kepada tim yang dibentuk di masing-masing kecamatan.

Ia mengatakan perkembangan penyebaran DBD di Tanah Datar dari awal 2019 terus bertambah. Dari sebelumnya 24 kasus sekarang naik tiga kasus menjadi 27 kasus.

Ia berharap kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan bersih terus ditingkatkan. Karena menjaga kebersihan lebih ampuh dalam mengatasi penyebaran DBD. (*)