BBPPKS berikan pelatihan peningkatan kemampuan keluarga bagi pendamping PKH Solok

id Diklat

Bupati Solok, Gusmal memberikan arahan pada peserta diklat lapangan di Masjid Koto Gadang Guguak, Sabtu. (Humas Pemkab Solok)

Arosuka, (Antaranews Sumbar) - Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) regional 1 Sumatera memberikan pelatihan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) bagi pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Solok, Sumatera Barat.

Kepala BBPPKS regional I Sumatera diwakili Erlina di Nagari Koto Gadang Guguak, Sabtu mengatakan diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) atau Family Development Season (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH) e- learning yang dilaksanakan oleh menjadi salah satu solusi atas kebutuhan para pendamping PKH di wilayah setempat.

Menurutnya, pada 2019 BBPPKS melaksanakan diklat e-learning bagi 4.636 orang pendamping PKH yang berasal dari delapan wilayah.

Diklat diharapkan meningkatkan pengetahuan, nilai, dan keterampilan para pendamping PKH dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendamping di lapangan.

Peserta diklat putaran 1 berjumlah 280 orang, dilaksanakan selama lima hari dari 9 sampai 14 Februari 2019. Pengikut pelatihan di Kecamatan Gunung Talang berjumlah 120 orang dari provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera barat, Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Solok yang telah bersedia menjadi salah satu fokus pada kegiatan praktek belajar lapangan dan memberikan dukungan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, Bupati Solok, Gusmal mengapresiasi balai diklat yang telah menunjuk Kabupaten Solok sebagai lokasi praktek kerja lapangan, dengan terjun langsung ke lapangan sehingga dapat melihat langsung potret masyarakat daerah setempat.

Ia berharap balai diklat setelah melaksanakan tugas lapangan ini akan memberi laporan kepada Pemerintah setempat agar dapat memperbaiki hal-hal yang patut diperbaiki. Peserta diklat lapangan diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat yang akan diajak bersosialisasi.

"Peserta balai diklat harus dapat mempelajari karakter masyarakat di tiga nagari di kecamatan Gunung Talang terutama Nagari Jawi-Jawi, Koto Gadang Guguk dan Koto Gaek Guguak.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Solok juga siap menerima kedatangan peserta belajar lapangan lainnya untuk masyarakat kabupaten solok.

Acara juga dihadiri Kepala dinas sosial setempat Editiawarman, Wali Nagari se Kecamatan Gunung Talang. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar