Pemkab Tanah Datar buka 119 formasi P3K

id Penerimaan P3K Tanah Datar,Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja

Kabid Mutasi Promosi dan Penilaian Kinerja BKSDM Irsyad (tengah). (Antara Sumbar/ Etri Saputra)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, membuka 119 formasi untuk Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (P3K) di daerah itu.

"Jumlah tersebut terbagi menjadi 79 orang untuk tenaga pengajar dan 40 orang untuk tenaga penyuluh pertanian," kata Kepala Bidang Mutasi Promosi dan Penilaian Kinerja Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Tanah Datar, Irsyad di Batusangkar, Jum'at.

Ia mengatakan untuk formasi P3K di lingkup Tanah Datar untuk honorer K2 pihaknya telah mengajukan sebanyak 200 orang untuk empat formasi, yaitu untuk tenaga administrasi, teknis, guru, dan penyuluh.

"Namun yang dikabulkan oleh pusat hanya dua formasi saja, yaitu tenaga guru dan tenaga penyuluh pertanian," katanya.

Meski menerima 100 orang lebih untuk P3K, menurutnya jumlah tersebut masih belum cukup untuk mengisi kekosongan pegawai di lingkup kabupaten Tanah Datar, karena jumlah pegawai yang pensiun setiap tahunnya cukup banyak.

"Dalam satu tahun rata-tata pegawai kita yang pensiun itu mendekati 200 orang. Jadi terus terjadi pengurangan pegawai," katanya.

Meski terjadi pengurangan pegawai, lanjutnya penerimaan P3K di Tanah Datar sudah sesuai dengan yang ditetapkan dalam Permenpan RB Nomor 40 Tahun 2018, bahwa melakukan penerimaan, seleksi dan promosi berdasarkan kompetisi yang terbuka dengan menyusun perencanaan sumber daya manusia aparatur secara berkelanjutan.

Ia mengatakan untuk formasi yang paling banyak dibutuhkan di Pemkab Tanah Datar saat ini yaitu guru kelas di SD. Bahkan ada di satu sekolah itu guru yang masuk ke dalam PNS hanya tiga orang saja.

Sementara untuk secara keseluruhan ulasnya jumlah pegawai di pemkab Tanah Datar berjumlah 5.700 orang. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar