Rencana kedatangan Maruf Amin ke UIN Imam Bonjol, Bawaslu: jangan jadikan kampus sebagai tempat kampanye

id bawaslu, kampanye.,Kampus tempat kampanye,Maruf amin ke sumbar

Ketua Bawaslu Kota Padang Dorri Putra (Antara).

Padang, (Antaranews Sumbar)- Bawaslu Kota Padang mengingatkan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang agar tidak menggunakan kampus sebagai lokasi kampanye calon presiden tertuang dalam surat no 024/K.Bawaslu.SB-14/PM.02.00/II2019 berisi imbauan tidak menggunakan sarana pendidikan sebagai tempat kampanye.

"Dalam Undang-Undang no 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum dengan tegas dinyatakan larangan menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan sebagai lokasi kampanye," kata Ketua Bawaslu Padang Dorri Putra di Padang, Kamis.

Ia menyampaikan hal itu terkait kunjungan calon wakil Presiden Maruf Amin yang dijadwalkan mengisi kuliah umum di UIN Imam Bonjol Padang.

Menurut Dorri pihaknya tidak melarang kegiatan tersebut hanya mengingatkan kalau kampanye dilarang di lembaga pendidikan dan bisa diancam pidana.

Dalam pasal 521 Undang-Undang no 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dinyatakan peserta yang sengaja melanggar larangan kampanye dapat dipidana dengan penjara paling lamandua tahun dan denda paling banyak Rp24 juta, kata dia.

Ia menyampaikan dalam upaya melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu Bawaslu Padang mengingatkan agar tidak menggunakan sarana pendidikan sebagai tempat kampanye

Bawaslu Padang menerima surat tanda pemberitahuan kampanye yang dikeluarkan Polda Sumbar dengan nomor STTP/33/YAN.2.2/II/2019/DIT IK.

Dalam surat tersebut diberikan surat tanda terima pemberitahuan kampanye kepada Panitia Daerah Kunjungan Maruf Amin dengan bentuk kegiatan kampanye dialogis dan penanggung jawab kegiatan Hendra Irwan Rahim.

Dalam surat tersebut dijadwalkan Maruf Amin akan mengisi kuliah umum di UIN Imam Bonjol Padang pada Jumat 8 Februari 2019.

Sementara penanggung jawab kegiatan Zulfadli Muchtar saat dikonfirmasi menyampaikan pihaknya tidak mengelar kampanye di UIN Imam Bonjol Padang.

"KH Maruf akan tampil sebagai pembicara dalam kuliah umum tentang ekonomi syariah, jadi bukan berkampanye," ujar dia membantah. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar