16.850 warga miskin di Pasaman Barat peroleh PKH

id PKH

Sejumlah penerima Program Keluarga Harapan (PKH). (Antara Sumbar/Aadiyaat MS)

Simpang Empat, (Antaranews Sumbar) - Sebanyam 16.850 warga miskin di Kabupaten Pasaman Barat, Sumarera Barat, bakal memperoleh bantuan Program Keluarga Harapan selama 2019.

"Sistem bantuan ini berupa uang tunai Rp500 ribu setiap bulannya bagi penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Penyalurannya melalui bank," kata Kepala Dinas Sosial Pasaman Barat, Marwazi B di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan penerima program keluarga harapan ini berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) masyarakat miskin dari Kementrian Sosial.

Pihaknya sudah mengusulkan agar 64.651 jiwa masyarakat miskin yang terdata memperoleh bantuan Program Keluarga Harapan. Namun, tentu bantuan yang diberikan sesuai kouta pemerintah pusat mengacu pada BDT.

"Sekitar 19.722 orang lagi belum menerima bantuan. Tentu akan diberikan bertahap sesuai kouta yang ditetapkan Kemensos," ujarnya.

Menurutnya program tersebut merupakan program nasional yang diberikan kepada masyarakat miskin setiap tahunnya.

Penyaluran bantuannya melalui pihak bank sehinga tepat sasaran dan yang bersangkutan langsung menerimanya.

"Terhadap masyarakat yang belum menerima diharapkan dapat bersabar karena tentu penyelurannya sesuai kouta dan kemampuan keuangan negara," sebutnya.

Ia menyebutkan setiap masyarakat yang telah memperoleh bantuan sebelumnya akan ditinjau kembali apakah untuk tahun berikutnya masih berhak memperoleh program keluarga harapan.

"Jika ekonominya membaik maka akan dikeluarkan dari BDT masyarakat miskin. Jika masih miskin maka akan terus dibantu," sebutnya.

Ia berharap bantuan yang akan diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari atau untuk keperluan lainnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar