Cegah politik uang, KPU Tanah Datar optimalkan relawan demokrasi

id KPU Tanah Datar,Pemilu Serentak 2019,Relawan Demokrasi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Tanah Datar Fahrul Rozi, Senin, 4/2. (antara sumbar/etri saputra)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, membentuk tim relawan demokrasi untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di daerah itu untuk menghindari politik uang.

"Relawan itu akan memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan informasi pemilu, pentingnya pemilu, termasuk didalamnya menghindari politik uang,"kata Ketua KPU Tanah Datar Fahrul Rozi di Batusangkar, Senin.

Ia mengatakan relawan itu akan disebar berdasarkan basis pemilih yang telah ditetapkan KPU. Ada diantara nya bagi pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih difabel, dan pemilih marginal.

"Relawan itu satu tim akan dikirimkan empat sampai lima orang relawan untuk mencari basis tersebut," katanya.

Selain itu lanjutnya, KPU Tanah Datar juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat serta kepada calon pemilih pemula, seperti sekolah menengah atas dan perguruan tinggi agar mereka memberikan hak suara mereka dengan benar.

"Sejak tahun 2018 kami telah melakukan sosialisasi kepada sekolah tingkat SMA. Meski belum keseluruhan tapi kami terus berupaya minimal masyarakat tahu cara meimilih, jadwal memilih, mekanisme memilih, sampai pada hari pencoblosan masyarakat mau menunaikan hak pilihnya ke TPS," jelasnya.

Ia berharap pada pemilihan umum presiden dan legislatif pada 17 April mendatang partisipasi pemilih masyarakat lebih tinggi dibanding tahun 2014. Karena secara otomatis daftar pemilih tahun ini banyak yang pemilih baru.

"Kalau KPU RI memiliki target 77,5 persen untuk jumlah pemilih, kita berusaha pula mencapai target yang dibuat KPU RI itu," harapnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar